oleh

TOLONG DIPERHATIKAN ! Begini Protokol Kesehatan saat di Tempat Kerja

IndonesiaBangsaku.comPARA pegawai sudah mulai kembali bekerja tapi dengan adaptasi kebiasaan yang baru di tengah pandemi Covid-19. Para pegawai di kantor diminta untuk mematuhi protokol kesehatan, termasuk saat mengadakan pertemuan dengan klien, rapat, makan siang, jam masuk kerja, hingga menjaga jarak dengan rekan kerja.

“Di sektor perkantoran, saat ini kegiatan sudah mulai berjalan kembali. Kita harap tidak lagi berpikir seperti paradigma normal sebelumnya. Namun kita ubah tetap waspada agar bagaimanapun juga kegiatan yang kita laksanakan bukan hanya produktif tapi juga aman dari Covid-19,” kata Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Minggu (19/7).

Selama di kantor, kata dia, para pegawai diminta memperhatikan betul fasilitas yang digunakan bersama seperti lift, tangga, atau tempat lain. Batasi kapasitasnya karena ini akan jadi sumber penularan yang tidak kita sadari. Kemudian diminta untuk tidak makan dan minum atau menyajikan hidangan saat mengadakan rapat.

“Agar tidak menyediakan makanan minuman di rapat, yang kemungkinan membuat orang membuka masker. Dan memberikan ruang terjadinya penularan jika salah satu peserta rapat itu terkonfirmasi postif tapi tanpa gejala,” tukasnya.

“Ingat, mikro droplet itu bisa menular di udara relatif lebih lama,” tambah Yurianto.

Lalu, bagaimana protokol kesehatan saat menggelar rapat?

1. Perhatikan Kapasitas Ruangan

Pastikan kantor punya kapasitas ruang yang baik untuk jaga jarak dengan baik. Jika pesertanya banyak, maka biarkan sebagian ikut rapat secara daring.

2. Jangan Ada yang Sakit

Jika akan digelar pertemuan fisik di kantor, pastikan bahwa hanya dihadiri oleh orang-orang yang sehat. Pastikan kapasitas ruang itu betul-betul bisa menjamin untuk jaga jarak.

3. Batasi Presentasi

Materi rapat harus dibatasi yang penting saja. Presentasi hanya dilakukan yang betul-betul penting saja, dan juga batasi waktunya.

4. Jangan Ada Sajian Makanan Minuman

Diupayakan tidak ada hidangan makan dan minum selama rapat. Hilangkan kebiasaan sajikan makanan dan minuman di ruang rapat.

5. Gunakan Masker

Semua tetap menggunakan masker tanpa ada kesempatan untuk membuka masker. rencanakan dengan baik agar rapat bisa efektif, efisien, dan singkat.

6. Batasi Waktu
Kita tidak ingin ruang rapat yang pada umumnya terbatas, dan sirkulasinya tertutup jadi tempat sekadar ngobrol. Upayakan tidak lebih dari setengah jam.

7. Sirkulasi Ruangan

Manakala topiknya banyak, maka bagi rapat ke beberapa kegiatan. Pastikan sirkulasi ruang pertemuan berjalan baik. Batasi kegiatan rapat dan bicarakan hal yang jadi pokok di kegiatan rapat.

8. Pembicara Boleh Lepas Masker

Manakala pembicara harus lepas masker, silahkan lepas masker. Tapi tidak bergerak mendekati peserta rapat lain. Tetap berada di tempatnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *