oleh

3 Strategi Perkuat Pengembangan Ekonomi Syariah di Era Digital

IndonesiaBangsaku.com – Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Sugeng, mengatakan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memperkuat perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di era digital. Salah satunya adalah melalui peningkatan kerjasama.

“Setiap negara memiliki keunggulan dan potensi ekonominya masing-masing. Untuk itu, perlu dibangun kerjasama yang saling menguntungkan antar negara,” kata dia dalam acara ISEF, Kamis (29/10).

Pemanfaatan kerjasama menjadi penting dilakukan agar keunggulan satu negara bisa saling dimanfaatkan. Beberapa kerjasama yang bisa dilakukan antara lain, rantai nilai halal internasional, layanan pembayaran lintas batas timbal balik, dan masih banyak lagi lainnya.

“Langkah kedua adalah kolaborasi. Seiring dengan digitalisasi yang sedang berlangsung, kami juga menyadari bahwa risiko dunia maya perlu ditangani dengan baik,” sebutnya.

Dalam kaitan tersebut, kolaborasi antar negara dalam bentuk cyber security sharing platform memang penting. Apalagi di tingkat kawasan, negara-negara ASEAN telah menginisiasi ASEAN CRISP (Cybersecurity Resilience and Information Sharing Platform).

“Inisiatif serupa ini dapat dibawa ke tingkat yang lebih luas di antara negara-negara,” imbuh dia.

Kemudian, yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah melek huruf. Menurutnya, literasi merupakan aspek fundamental yang perlu diperkuat untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

Seperti diketahui, pada akhir Maret 2020, Bank Indonesia telah menerbitkan Indeks Literasi Ekonomi Islam Indonesia 2019. Indeks tercatat sebesar 16,3 persen, dengan skala hingga 100 persen, sehingga mencerminkan peluang lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ekonomi dan keuangan Islam.

“Pemberdayaan penelitian, pengkajian, dan pendidikan sangat penting untuk meningkatkan dan memastikan literasi masyarakat di bidang ekonomi dan keuangan Islam, baik sebagai penyedia maupun sebagai pengguna produk Islam,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *