oleh

Hari Kesehatan Nasional 2020: Tema, Makna, Arti, dan Cara Memperingati

IndonesiaBangsaku.com – Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 tahun 2020 diperingati setiap 12 November. Pada peringatan HKN tahun ini, “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” menjadi tema utama yang diusung.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan, Hari Kesehatan Nasional ke 56 tahun ini merupakan momentum untuk kita bersyukur di era pandemi dan mengingatkan kita semua tentang pentingnya Kesehatan.

Menurut Terawan, tema HKN tahun ini merupakan upaya untuk membangun masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

Pada perayaan HKN tahun ini, pemerintah juga mengambil sub tema yang masih berhubungan dengan pandemi Covid-19, yaitu “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”

“Melalui Sub Tema ‘Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19’. Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19,”kata Terawan.

Menurutnya, sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, tujuan utama dari peringatan HKN tahun ini adalah untuk menyatukan tekad dalam mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia.

Namun, karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan angka penularan virus Corona masih sangat tinggi di Indonesia, tentu perayaan HKN tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Cara memperingati dan rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional 2020

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan rangkaian acara peringatan HKN tahun ini di antaranya,

1. Upacara virtual

Upacara virtual pada 12 November 2020 akan melibatkan peserta dari seluruh Indonesia (UPT dan Dinkes Provinsi). Upacara yang rencananya akan dilakukan melalui dering ini merupakan yang pertama kali sepanjang peringatan HKN.

2. Bersama mengenang pahlawan kesehatan.

Acara ini akan dilakukan dengan cara mengheningkan cipta dan doa bersama melalui zoom dan live streaming.

Selain itu juga akan ada membunyikan klakson atau sirine mobil secara bersama-sama di seluruh Indonesia pada pukul 10.00 WIB setelah upacara virtual peringatan HKN.

3. Jambore kesehatan

Jambore kesehatan akan dilakukan secara virtual yang diikuti oleh seluruh tenaga kesehatan. Bentuk kegiatan ini beripa seminar selama satu hari.

4. Pengabdian msyarakat

Melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi dini Covid-19, penyakit tidak menular (PTM), hepatitis dan kesehatan jiwa, bakti 3M dengan menyebarkan masker kepada masyarakat dan menyerahkan sarana tempat cuci tangan pada tempat-tempat tertentu, aksi bersih-bersih di tempat umum dan senam Bersama.

5. Seminar dan Wisata Ilmiah

Seminar sehari yang dilaksanakan melalui pertemuan virtual dan ditujukan sebagai media untuk menyampaikan informasi kajian kesehatan masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan terkait dengan pencegahan Covid-19 dengan perilaku 3M.

Seminar ini akan menghadirkan para pakar sebagai pembicara dan akan menjadi forum interaksi yang melibatkan sejumlah peserta dari berbagai komponen masyarakat di seluruh Indonesia.

6. Unjuk Kreasi Bidang Kesehatan Virtual

Unjuk Kreasi Bidang Kesehatan ini, adalah acara untuk menampilkan berbagai upaya inovatif di bidang Kesehatan, utamanya dalam melanjalankan program ditengah-tengah pandemi.

Unjuk kreasi ini akan dilaksanakan secara vitual. Diikuti oleh semua Unit Utama Kementerian Kesehatan, UPT Kemenkes, dan 34 Dinas Kesehatan Provinsi.

Unjuk kreasi ini akan dilombakan berdasarkan jenis Kategori. Seluruh peserta diwajibkan menampilkan kreasi bidang Kesehatan dalam bentuk video maksimal 5 menit, yang akan disiarkan ke seluruh Indonesia.

7. Lomba-lomba dan Olah Raga

Penyelenggaraan lomba berbagai cabang olahraga dan keterampilan dalam rangka memeriahkan HKN ke-56 di tengah wabah pandemi Covid 19.

Kegiatan ini sangat istimewa karena menggunakan platform media sosial untuk mengunggah video atau foto hasil capaian para peserta lomba.

Peserta lomba merupakan pegawai kesehatan mulai dari Pusat, Rumah Sakit hingga Puskesmas di seluruh Indonesia. Beberapa lomba juga terbuka untuk masyarakat umum.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *