oleh

Pemerintah Dukung UMKM Sediakan Produk Halal, Menag Fachrul Razi: Ini Prospek yang Menjanjikan

IndonesiaBangsaku.com – Upaya pemerintah untuk menjadikan sektor UMKM sebagai bagian dari mata ratai industri halal global akan segera direalisasikan.

Melalui program yang digagas, pemerintah juga memberikan dukungan bagi sektor UMKM dalam menyediakan produk-produk halal.

Bentuk dukungan tersebut antara lain dengan memberikan pendampingan manajemen produk halal, penyederhanaan proses perizinan, serta fasilitasi pembiayaan sertifikasi halal.

Menurutnya fasilitasi ini dimaksudkan untuk membantu pembiayaan bagi UMK dalam pengurusan sertifikat halal.

“Ini sekaligus mulai merealisasikan kebijakan pemerintah untuk membebaskan biaya permohonan sertifikasi halal bagi UMK,” ujar Fachrul Razi.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Kementerian Koperasi dan UMKM Teten Masduki, dan Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto.

Saat pelaksanaan kegiatan ini, Menag juga menyerahkan secara simbolis fasilitasi sertifikasi halal kepada sepuluh UMKM.

Tak maju sendiri, Menteri Kooperasi dan UMKM Teten Masduki dan Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto turut menyerahkan simbolis.

Fachrul Razi menilai bahwa dengan adanya pemberlakuan kewajiban bersertikat halal sejak 17 Oktober 2019 lalu menimbulkan implikasi yang tidak sederhana.

Terdapat banyak tantangan ataupun halangan dalam pelaksaannya di lapangan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah besarnya sebaran UMKM di seluruh Indonesia.

“Jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 62,5 juta. Jika setengahnya saja menjadi target kewajiban bersertifikat halal, ada sekira 30 juta yang memerlukan sertifikasi halal,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa dibutuhakan dukungan kapasitas dan kemampuan SDM pengelola layanan, infrastruktur halal, audutor halal yang kompeten, ketersediaan penyedia halal, sebaran lembaga pemeriksa halal (LPH), dan Pengawas JPH.

Selain adanya komponen tersebut yang tak kalah penting adalah sistem informasi dan komunikasi yang sangat mendukung keberhasilan program tersebut.

Meski terdapat banyak tantangan dan hambatan, Fachrul menegaskan semua itu tak seberapa jika dibandingkan dengan kebermanfaatan yang akan diperoleh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *