oleh

Cegah Hoax Vaksin, Tim Patroli Cyber Polresta Mataram Intai Medsos

IndonesiaBangsaku.com – Pro kontra mengenai vaksin Sinovac tidak terlepas dari banyaknya berita hoax yang beredar di masyarakat. Media sosial dipenuhi dengan informasi mengenai efek samping vaksin yang sangat membahayakan.

Padahal informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Yang jelas Itu hanya berita hoax yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Makanya kami minta masyarakat tidak khawatir dengan vaksin,” jelas Kapolresta Mataram Kombespol Heri Wahyudi, Kamis (14/1/2020).

Ia mengaku, informasi yang beredar di masyarakat mengenai vaksin ini banyak yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat dibuat takut dengan efek samping vaksin yang bisa menimbulkan kecacatan dan efek berbahaya lainnya. Ini menimbulkan berbagai interpretasi di tengah masyarakat. Memunculkan pro kontra terkait program vaksinasi yang dilakukan di seluruh daerah.Berita Yang Disarankan

“Pasti kami akan berikan sanksi (hukuman) kalau ada penyebar hoax di media sosial. Karena kami juga ada tim patroli Cyber (yang mengawasi),” ucapnya.

Heri mengingatkan semua pihak mendukung program vaksinasi ini. Khususnya masyarakat. Mengingat semua pejabat dan kepala daerah telah memberikan contoh mengambil bagian mendapat giliran tahap pertama untuk diberikan vaksin.

Sementara Camat Cakranegara Muhammad Erwan mengaku dibutuhkan sosialiasi maksimal terkait vaksinasi ini. Karena, masyarakat mendapat informasi melalui media sosial, media cetak, hingga media elektronik.

“Di level kecamatan hingga kelurahan, itu belum ada. Harapan kami sosialisasi di tingkat kelurahan harus ada,” harapnya.

Pro kontra masalah vaksin ini diakuinya masih terjadi di tengah masyarakat. Akibat dari maraknya informasi hoax yang sulit dibendung di media sosial. Sehingga ia berharap ada sosialisasi tatap muka melibatkan Kepala Lingkungan, Ketua RT, hingga Kader Posyandu.

“Ketika ada pertanyaan, masyarakat bisa menanyakan langsung kepada pihak terkait yang memiliki otoritas memberi penjelasan,” tandasnya. (ton/r3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *