oleh

Omnibus Law Dinilai IMF Mampu Kurangi Hambatan Investasi di RI

IndonesiaBangsaku.com – Tim International Monetary Fund (IMF) Thomas Helbling, menyatakan bahwa seharusnya omnibus law tentang penciptaan lapangan kerja dapat membantu mengurangi hambatan bagi investasi penciptaan lapangan kerja baru dan meningkatkan produktivitas.

“Penerapan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di Indonesia akan memperkuat manfaat perdagangan bagi Indonesia,” kata Thomas Helbling, dalam keterangan tertulis, Jumat (8/1/2021).

Standar tata kelola yang berkualitas tinggi, lanjutnya, dalam pengaturan regulasi saat mengimplementasikan omnibus law harus dipertahankan. Selain itu, kebijakan proaktif Indonesia dalam menangani masalah perubahan iklim dapat lebih menekankan pada ekonomi yang lebih hijau.

“Pada saat yang sama, kemajuan dalam pemantauan dan pelaksanaan rencana adaptasi ke arah peningkatan ketahanan terhadap perubahan iklim akan dibutuhkan, mengingat tingginya keterpaparan Indonesia terhadap bahaya alam terkait,” papar Helbling.

Sementara itu, omnibus sektor keuangan yang diharapkan akan menjawab tantangan regulasi dan memberikan landasan hukum untuk pendalaman keuangan lebih lanjut. “Ini akan melengkapi inisiatif lain seperti cetak biru pendalaman pasar uang BI,” katanya.

Cetak biru BI, lanjutnya, tentang sistem pembayaran yang berorientasi digital akan membantu meningkatkan transmisi kebijakan moneter, serta inklusi ekonomi dan keuangan. “Penekanan pemerintah pada pentingnya menjaga independensi operasional BI disambut dengan gembira,” katanya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *