oleh

Bappenas Libatkan Pemuda Kelola Geopark

IndonesiaBangsaku.com – Kementerian PPN/ Bappenas mendorong pelibatan pemuda dalam pengembangan geopark melalui inisiasi pembentukan Indonesia Geopark Youth Forum (IGYF).

Forum tersebut wadah bagi anak muda untuk menjadi aktor perubahan dengan berkontribusi untuk mengembangkan geopark hingga menguraikan ide untuk kerangka kerja strategis United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Global Geopark 2021-2025 dan Rencana Aksi Nasional (RAN) Pengembangan Taman Bumi (Geopark) 2021-2025.

Geoparkadalah satu kesatuan kawasan yang memiliki situs dan bentang alam yang memiliki nilai kekhasan geologis internasional, dengan konsep pengelolaan yang holistik terkait konsep perlindungan, pembelajaran, dan pembangunan yang berkesinambungan.

Per Februari 2021, Indonesia memiliki 5 geopark yang menyandang status UNESCO Global Geopark (UGG), 14 geoparknasional, hingga 80 warisan geologi yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi geopark. Baca Juga : BI Atur Pengendalian Domestik Sistem Pembayaran

Keterlibatan pemuda dalam pengelolaan geopark atau taman bumi diharapkan dapat berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, mengingat Survei Angkat Kerja Nasional 2019 menunjukkan 75 persen pengangguran adalah kaum muda terdidik yang berasal dari lulusan SMK dan perguruan tinggi.

“Untuk itu, ketertarikan dan keterikatan kaum muda terhadap teknologi, informasi dan digitalisasi, termasuk digitalisasi ekonomi dapat dijadikan modal untuk mengoptimalkan potensi geoparkIndonesia. Pemuda harus jeli dalam menangkap peluang tersebut. Diprediksi pada 2025, shareIndonesia dalam ekonomi digital adalah yang terbesar di Asia Tenggara dengan nilai transaksi sebesar USD 133 miliar,”ungkap Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Hariyoga saat Webinar Geopark Action Plan Series #3: Penguatan Peran Generasi Muda dalam Pengembangan Geopark, Jumat (12/2).

Untuk menghimpun ide dan gagasan pemuda dari seluruh Indonesia, Kementerian PPN/ Bappenas membentuk IGYF yang akan mewakili Indonesia dalam The 1st UNESCO Global GeoparksYouth Forum di Jeju Island, Korea Selatan, September 2021 mendatang.

Inisiasi IGYF sejalan dengan program UNESCO, di mana setiap geopark yang berstatus UGG harus memiliki forum pemuda untuk menyuarakan aspirasi pemuda agar dapat terlibat lebih konkret, menjadi aktor perubahan, serta berkontribusi pada kerangka kerja strategis UGG untuk perlindungan warisan, mitigasi bahaya alam, perubahan iklim, dan pembangunan berkelanjutan. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *