oleh

Pastikan Vaksin Aman, Bupati Jalani Vaksinasi Kedua

IndonesiaBangsaku.com – Bupati Pati Haryanto memastikan vaksin Covid-19 aman dan halal untuk digunakan. Masyarakat di Kabupaten Pati, Jawa Tengah diminta untuk tidak khawatir dengan keamanan vaksin buatan Tiongkok itu.

“Vaksin ini telah melalui berbagai tahap sebelum digunakan. Jadi aman dan halal. Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Haryanto selepas disuntik vaksin tahap kedua di RSUD RAA Soewondo Pati, Senin (8/2).

Haryanto menjelaskan pelaksanaan vaksinasi kepada para tokoh publik di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani, dapat meyakinkan masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal.

“Tak hanya tokoh publik, proses ini juga dilanjut kepada tenaga kesehatan. Dan setelah itu, vaksinasi akan dilanjutkan kepada pelayan publik, baru kemudian giliran masyarakat,” ungkapnya.

Proses pelaksaan vaksinasi tahap kedua di Pati Jawa Tengah ini sesuai dengan intruksi dari Kementerian Kesehatan.

“Proses vaksinasi ini memang ada tahap pertama dan tahap kedua. Kita telah melaksanakan tahap pertama, pelaksanaan tahap kedua pun sebelumnya telah diinformasikan oleh Kementerian Kesehatan terkait nomer vaksin dan tanggal pelaksanaan,” bebernya.

Haryanto juga menjelaskan adanya penundaan dan gagalnya vaksinasi pada tenaga kesehatan (nakes)yang disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya, adanya komorbid atau penyakit penyerta.

“Lalu ada hipertensi, penyakit jantung, dan sebagainya. Kondisi-kondisi itu kan memang tidak boleh divaksin,” imbuhnya.

Selain itu nakes yang ditunda akibat tensi darah yang naik saat discreening akan divaksin ditahap selanjutnya.

“Kalau yang misalnya saat itu sehat tapi ternyata tensi tinggi, ya ditunda dulu, dan beberapa yang ditunda itu sudah melaksanakan vaksinasi susulan,” ungkap Haryanto.

Sebagai informasi pemberian vaksin tahap yang dihelat di RSUD RAA Soewondo Pati. Selain melibatkan Bupati, vaksinasi ini turut melibatkan Kapolres Pati, Dandim 0718/Pati, Ketua Badan Kerjasama Kristen-Katolik, Ketua NU, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *