oleh

Lansia Disuntik Vaksin Covid-19, Kemenkes Pastikan Tak Ada Efek Samping

IndonesiaBangsaku.com – Kelompok warga lanjut usia mulai menjalani vaksinasi Covid-19. Plt Kepala Badan PPSDM Kesehatan dari Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu kembali memastikan seluruh vaksin Covid-19 aman untuk kelompok lansia.

“Uji klinis di tempat lain termasuk vaksin Sinovac ternyata aman. Kita juga sudah mulai untuk tenaga kesehatan lansia di atas 60 tahun sudah disuntik sejak minggu lalu,” kata dia dalam acara Dialog Produktif Rabu Utama, Vaksinasi Menyasar Pedagang Pasar, Rabu (17/2).

Sampai saat ini Kemenkes belum menerima laporan adanya efek samping pasca penyuntikan vaksin Covid-19 atau Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) untuk tenaga kesehatan lansia.

“Sejauh ini tidak ada KIPI, tidak ada gejala berat. Seluruh Indonesia yang dilaporkan ringan, dan sedang, dan semuanya ditangani,” katanya.

Maxi menyatakan, sedari awal Pemerintah berkomitmen memastikan seluruh jenis vaksin yang beredar di tanah air dalam kondisi aman. Salah satunya dengan patuh mengikuti ketentuan WHO terkait pembelian jenis-jenis vaksin yang telah memenuhi uji klinis.

“Kemudian kita juga menunggu Badan POM untuk melakukan uji penggunaan darurat/Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin sebelum diberikan,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap setelah dirinya vaksinasi Covid-19 dapat memberikan motivasi kepada pada seluruh lansia agar mau divaksin. Diketahui Ma’ruf diberikan vaksin di Pendopo Kediaman Dinas Wapres, Jalan Diponegoro No 2 Jakarta sekitar pukul 8.30 WIB.

“Jadi setelah diberikan vaksin. Menyampaikan pesan khusus. Karena pak Wapres lansia umur 77 tahun, komorbid, gula, menggunakan ring, jantung. Tetapi karena saat ini kondisi siap dan sehat, ini juga diharapkan apa yang dilakukan wapres sebagai senior bisa dilakukan oleh para lansia yang lain,” kata Masduki kepada merdeka.com, Rabu (17/2).

Sementara itu, usai mendampingi Ma’ruf Amin divaksinasi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun berharap pemberian vaksinasi kepada Wapres yang berumur 77 tahun bisa mendorong para lansia mau divaksinasi.

“Pagi tadi juga kita sudah datang mendampingi Pak Wapres disuntik 80 tahun Pak Wapres mudah-mudahan itu bisa menjadi dorongan motivasi agar para lansia Indonesia itu yang kritis ya rawan terkena penyakit bisa datang,” ungkapnya saat memantau jalannya pemberian vaksin Covid-19 untuk para pedagang pasar Tanah Abang.

Sebelumnya diketahui setelah diterbitkannya izin penggunaan darurat (emergency use of authorization) untuk kaum lanjut usia, Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan vaksinasi. Pemberian vaksin dilaksanakan pukul 08.30 pagi, Rabu (17/2) di Pendopo Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No. 2 Jakarta.

Sebagai informasi, program vaksinasi Covid-19 untuk kelompok usia 18-59 tahun telah berjalan secara bertahap sejak 13 Januari 2021 lalu. Melalui program vaksinasi, pemerintah dan masyarakat Indonesia menaruh harapan besar agar herd immunity segera terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Keikutsertaan Wapres yang telah berusia 77 tahun dalam program vaksinasi ini diharapkan dapat memberikan contoh nyata uji klinis keamanan penggunaan vaksin kepada lansia bagi masyarakat luas. [noe]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *