oleh

Atlit Daerah Segera Menerima Vaksinasi COVID-19

Indonesiabangsaku.com – Kementrian Pemudan dan Olahraga Republik Indonesia (Kemnpora RI) berencana untuk segera memberikan vaksinasi Covid-19 nbagi seluruh atlit di tanah air. Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan olahraga Zainudin Amali dalam keterangan kepada media usai meninjau proses vaksinasi perdana bagi para atlit, pelatih dan tenaga pendukung berbagai cabang olahraga yang berlangsung di Istora Senaya, Jakarta.

“Untuk tahap selanjutnya tentu kita akan bekerjasama kembali dengan Kementrian Kesehatan karena atlit-atlit, pelatih dan tenaga pendukung juga banyak yang tersebar di berbagai daerah. Maka itu nanti akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi hingga di tingkat Kabupaten dan Kota supaya semua terfasilitasi untuk divaksin” ujar Zainudin kepada media, Jumat (26/2/2021).

Menpora melanjutkan bahwa pemberian vaksinasi bagi atlit di daerah juga salah satu upaya Kemenpora mempersiapkan para atlit yang nantinya akan bergabung dalam kontingennya untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 di Papua Oktober mendatang.

“Nanti sebagaimana yang saya sampaikan tadi, kita juga akan perluas kepada para atlit kita yang tersebar di 34 provinsi yang sudah bersiap untuk menjadi kontingen dari provinsi masing – masing yang akan ikut di dalam Pekan Olahraga Nasional yang akan diadakan di Papua,” jelas Zainudin.

Terkait detail pelaksanaan vaksinasi di daerah Menpora mengaku belum dapat memebrikan informasinya karena semua masih akan bergantung dengan perkembangan usai pelaksanaan tahap pertama. Zainudin memastikan untuk mekanismenya di daerah akan diatur oleh Dinas Pemuda dan Olahraga bekerjsama dengan Dinas Kesehatan di masing – masing daerah.

“Tahap berikutnya, kita belum tahu. Tentu kita harus komunikasi dengan Kementrian Kesehatan. Bisa jadi mereka yang ada di daerah itu akan divaksin sendiri – sendiri oleh Dinkesnya, jadi kita belum bisa pastikan. Nanti kalau terpusat lagi kita akan kami kabari, tapi kalau tidak maka inilah yang kita lakukan semuanya terpusat,” tambah Zainudin.

Dijadwalkan mulai Senin (1/3/2021), proses vaksinasi covid-19 bagi atlit di daerah akan berjalan. Sementara itu, vaksinasi perdana bagi atlit, pelatih dan tenaga pendukung yang telah digelar diikuti oleh mereka yang tengah menjalani Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) dari berbagai cabang olahraga (cabor).

Para atlit, pelatih dan tenaga pendukung dari pelatnas menjadi yang pertama didahulukan karena bebereapa alasan tertentu. Diantaranya sejumlah perhelatan olahraga internasional yang akan berlangsung. Diketahui atlit yang saat ini berada di Pelatnas adalah mereka yang tengah dipersiapakan untuk Olimpiade di Jepang dan Sea Games di Vietnam. Selain itu ada beberapa kompetisi, pertandingan, serta kualifikasi jelang berbagai event olahraga yang juga akan diikuti. (E-4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *