oleh

Pemerintah Mewaspadai Mutasi Covid-19 Baru

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan mutasi baru virus corona seperti di India kini telah masuk Indonesia. Bahkan, sudah 10 orang terkonfirmasi positif strain ini yang tersebar di sejumlah wilayah.

“Virus itu sudah masuk ke Indonesia. Ada 10 orang yang terkena virus tersebut,” kata Budi saat jumpa pers secara virtual dari Kantor Presiden, Jakarta.

Budi mengatakan, dari 10 orang yang sudah tertular tersebut, enam di antaranya imported case atau kasus impor dari luar negeri. Sementara empat lainnya berasal dari transmisi lokal. Dua orang berada di Sumatra, satu di Jawa Barat, dan satu lagi di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Jadi untuk provinsi-provinsi di Sumatera, di Jawa Barat, di Kalimantan, kita akan menjadi lebih sangat hati-hati untuk selalu mengontrol apakah ada mutasi baru tersebut atau tidak,” kata Budi.

Dia mengatakan, lonjakan drastis kasus virus corona di India disebabkan oleh dua hal. Pertama, karena ada varian baru virus corona B117 dan ada mutasi lokal B1617. Kedua, melemahnya protokol kesehatan di sana meski vaksinasi sudah berlangsung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *