oleh

Peringatan Hardiknas, Jokowi: Pendidikan Harus Memerdekakan Rakyat

IndonesiaBangsaku.com – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyatakan, pendidikan bisa memerdekakan rakyat Indonesia. Hal ini sejalan oleh ajaran dari guru bangsa kita, Ki Hadjar Dewantara.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat podcast bersama dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim, saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar.

“Semangat Ki Hadjar Dewantara ini yang harus kita ingat, bahwa pendidikan harus memerdekakan manusia, itu harus kita ingat semua,” kata Jokowi dikutip YouTube Kemendikbud, Minggu (2/5/2021).

“Bagi Ki Hadjar Dewantara, pendidikan itu harus bisa memerdekan manusia, karena kemerdekaan lah yang menjadi tujuan. Jadi dengan berbekal pendidikan, semua orang boleh menjadi apa saja, ini penting dan perlu digarisbawahi,” katanya.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan, kebebasan yang dimaksud tetap harus menjunjung tinggi kemerdekaan yang dimiliki oleh setiap orang. Sikap menghormati dan menghargai jangan dilupakan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *