oleh

Indonesia Menuju Kekebalan Kelompok (Herd Immunity)

Untuk bisa keluar dari pandemi Covid-19, Indonesia harus terlebih dahulu mencapai status herd immunity.

Terkait hal ini, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan satu-satunya cara mendapatkan herd immunity alias kekebalan kelompok adalah dengan terus melakukan vaksinasi Covid-19.

“Herd immunity (kekebalan kelompok) adalah kalau sebagian besar masyarakat di Indonesia itu bisa divaksinasi,” kata Dante saat menyampaikan sambutan pada acara peresmian Sentra Vaksinasi Universitas Indonesia di Salemba, Jakarta.

Dia menekankan pentingnya vaksinasi untuk menekan angka kematian akibat Covid-19.

Kegiatan vaksinasi penting untuk menjamin bahwa kematian akan menurun pada mereka yang terkena Covid-19,” katanya.

Menurut data Satuan Tugas Penanganan Covid -19, jumlah warga Indonesia yang sudah mendapat suntikan dua dosis vaksin Covid -19 sebanyak 38.223.153 orang, bertambah 192.501 orang dari hari sebelumnya.

Untuk mencapai kekebalan kelompok, Program Vaksinasi Merdeka juga digelar di beberapa daerah seperti Sumatra Utara. Hal itu diyakini dapat mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok untuk menekan penyebaran covid-19.

Kapolda Sumatra Utara, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, mengatakan vaksinasi akan terus dilakukan menyasar wilayah yang cakupan vaksinnya masih rendah.

“Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Polri yang diselenggarakan di pondok pesantren ini berjalan lancar dan seluruh peserta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) tanpa adanya kerumunan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *