Irjen Fakhiri Sebut 2 Sumber Dana KKB untuk Membeli Senjata

Tak Berkategori29 Dilihat

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri membeberkan sumber dana kelompok kriminal bersenjata (KKB) untuk membeli senjata api.

Menurut Irjen Fakhiri, dana tersebut berasal dari dari dua sumber, yaitu dana desa dan hasil tambang. “Suplai dana KKB untuk membeli senjata api dari hasil pendulangan (emas) dan dana desa,” ujar Irjen Fakhiri.

Menurut Fakhiri, dirinya telah membentuk tim untuk mengawasi penambangan yang ada di Yahukimo dan Boven Digoel. “Tim akan dibentuk untuk pengawasan seperti yang telah dilakukan di Timika beberapa tahun lalu, yang berdampak akses dana KKB untuk membeli senjata terputus,” katanya.

Di samping itu, dia mengatakan pengawasan dana desa akan terus dilakukan mengingat beberapa oknum kepala kampung tertangkap lantaran mendanai KKB untuk membeli senjata api.

“Sudah ada kasus. Pernah salah satu Kepala kampung di Kabupaten Nduga tertangkap setelah memberikan uang untuk membeli senjata. Itu menjadi atensi kami lakukan pengawasan,” ujarnya.

Sebelumnya, dua warga Yahukimo MH dan AK tertangkap tangan di Boven Digoel lantaran membawa empat senjata api laras panjang.

Diketahui senjata tersebut dibeli di PNG untuk diserahkan kepada kelompok kriminal bersenjata.

Berdasarkan hasil interogasi sumber dana untuk membeli senjata dan amunisi berasal dari hasil penjualan emas seberat 190 gram. Kedua pelaku saat ini telah mendekam di sel tahanan Polres Boven Digoel guna pemeriksaan lebih lanjut.

Sumber : jpnn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *