oleh

Jangan Panik, Data Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi Terjamin Aman

Indonesiabangsaku, Jakarta – Di era pendemi seperti ini masyarakat perlu berhati-hati dalam melakukan aktivitas di luar rumah.

Pasalnya, penyebaran virus Covid-19 tergolong cepat dan dapat menularkan ke segala usia.

Untuk itu, pemerintah memberikan beberapa peraturan khusus yang harus ditaati masyarakat saat bepergian.

Aplikasi Pedulilindungi menjadi syarat utama masyarakat dalam melakukan aktivitas di luar dan syarat melakukan perjalanan.

Namun, baru-baru ini terdengar kabar bahwa sertifikat vaksin Presiden Jokowi bocor dan membuat sejumlah masyarakat resah.

Masyarakat juga merasakan keresahan akan kebocoran data yang akan terjadi pada semua orang. 

Melansir dari laman resmi Covid19.go.id, Data sertifikat Presiden RI dapat dicek secara langsung, karena pemeriksaan Sertifikat Vaksinasi COVID-19 di sistem PeduliLindungi, membutuhkan data seperti nama, Nomor Identitas Kependudukan (NIK), tanggal lahir, tanggal vaksin, dan jenis vaksin.

Berbagai informasi mengenai pejabat publik seperti Presiden tersedia di berbagai media sehingga dapat digunakan orang untuk memeriksa sertifikat vaksinasi.

Selain itu, alasan lain seseorang mendapatkan informasi sertifikat vaksinasi COVID-19 Presiden Joko Widodo  karena informasi NIK Presiden Joko Widodo juga tersedia pada situs Komisi Pemilihan Umum sebagai data calon presiden pada saat Pemilihan Presiden silam.

Kebocoran data pada aplikasi eHAC lama yang sudah dinonaktifkan sejak 2 Juli 2021, tidak mempengaruhi keamanan data pada aplikasi eHAC yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Peningkatan keamanan Sistem PeduliLindungi sudah dilakukan dengan migrasi Sistem PeduliLindungi ke Pusat Data Nasional (PDN) pada 28 Agustus 2021.

Selain itu, saat ini juga sudah dilakukan pengawasan atas keseriusan seluruh pengelola dan wali data untuk menjaga keamanan Sistem Elektronik dan Data Pribadi yang dikelolanya, baik dalam hal teknologi, tata kelola, dan sumber daya manusia.

Jika seseorang tidak mengetahui berbagai data diri Anda tersebut, otomatis tidak ada terjadinya kebocoran data Anda.

Maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi akan adanya kebocoran data pada Anda. 

Saat ini aplikasi PeduliLindungi sudah dipasikan aman oleh pemerintah dan menjadi syarat utama bagi Anda untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

PeduliLindungi dapat menjadi syarat untuk Anda memasuki kawasan pusat perbelanjaan, tempat makan hingga menjadi syarat utama untuk Anda melakukan perjalanan.

Anda dapat melakukan scan barcode pada setiap tempat yang ingin Anda kunjungi untuk memastikan bahwa Anda dapat memasuki kawasan tersebut.

Tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh informasi yang tidak tepat terkait sistem PeduliLindungi.

Unduh dan manfaatkan aplikasi PeduliLindungi untuk mendukung aktivitas dalam masa adaptasi pengendalian pandemi COVID-19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *