oleh

Jokowi Ajak Masyarakat Menghormati Jasa Para Pahlawan Indonesia

IndonesiaBangsaku.com – Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Selasa (17/8/2021) dinihari.

“Memperingati hari proklamasi kemerdekaan RI. Kami yang hadir hari ini, Selasa 17 Agustus pukul 00.00 WIB. Pada upacara mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa dan bangsa,” ujar Jokowi sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden mengatakan, ada 10.190 pahlawan yang dikebumikan di TMP Kalibata.

Mereka terdiri dari 9.192 dari unsur TNI dan Polri, 892 dari badan perjuangan, 63 yanf nerupakan tokoh nasional dan pahlawan tak dikenal sebanyak 43 orang.

Jokowi pun mengajak masyarakat mengenang jasa para pahlawan tak dikenal dari seluruh Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Para pahlawan yang tidak dikenal, nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan,” tuturnya.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ucap Jokowi.

Kepala Negara mengatakan, perjuangan para pahlawan juga merupakan perjuangan masyarakat Indonesia.

“Jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” kata dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *