oleh

Kasus Covid-19 Terus Menurun, Prokes Jangan Sampai Kendur

Indonesiabangsaku, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat tetap fokus pengendalian Covid-19 menyusul tren penurunan jumlah kasus positif di sejumlah daerah.

Dia mengingatkan bahwa upaya yang telah dilakukan hingga saat ini bertujuan untuk mengendalikan virus Corona, bukan sekadar menurunkan jumlah kasus positif.

“Perlu disadari bersama tujuan kita bersama adalah mengendalikan penyebaranCovid-19, bukan sekadar berkurangnya jumlah kasus,” kata Lestari dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (19/8).

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, kasus Covid-19 pada Rabu (18/8) kemarin bertambah 15.768 pasien dalam sehari, menurun dibandingkan Selasa (17/8) 20.741 kasus.

Begitu juga pada data kematian, meski masih di atas 1.000 kasus, jumlah juga mulai menurun dari 1.180 kasus pada Selasa (17/8) menjadi 1.128 kasus pada Rabu (18/8).

Politikus Partai NasDem yang akrab disapa dengan panggilan Mbak Rerir itu berharap semua pihak tidak cepat berpuas diri terhadap capaian tersebut. Sebab, tujuan utama dari kebijakan yang diterapkan selama ini adalah terkendalinya sebaran Covid-19 sesuai dengan standar yang ditetapkan WHO.

“Konsep pengendalian itu memerlukan kontribusi sikap dari semua pihak agar bisa berjalan sesuai rencana,” ucap Rerie.

Untuk itu, dia meminta agar berbagai upaya untuk melakukan diagnosa melalui swab antigen dan PCR harus terus dipermudah harga dan aksesnya bagi masyarakat.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengatakan upaya penelusuran terduga Covid-19 juga harus lebih agresif untuk mencegah meluasnya sebaran virus Corona.

“Capaian vaksinasi Covid-19 secara nasional juga harus terus ditingkatkan agar target kekebalan kelompok bisa segera terwujud,” kata dia.

Selain itu, ujar Rerie, kesiapan fasilitas kesehatan dalam menangani kasus positif Covid-19 juga harus ditingkatkan, sehingga bisa mengantisipasi bila terjadi lagi lonjakan kasus.

Sementara dari sisi masyarakat, kontribusi dalam upaya pengendalian Covid-19 bisa dalam bentuk konsistensi penerapan sikap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes).

“Jadi tren penurunan kasus positif Covid-19 jangan malah disikapi dengan mengabaikan prokes atau mengendurkan upaya testing, tracing, dan treatment (3T),” tandas Lestari Moerdijat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *