oleh

Ketua Dewan Adat Kaimana Yohanes Werfete : DOB akan Mensejahterakan Papua dan Papua Barat

JAYAPURA – Rencana pemerintah yang akan melakukan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) terus mendapat dukungan dari elemen masyarakat dan tokoh adat. Ketua Dewan Adat Kabupaten Kaimana, Yohanes Werfete sangat mendukung rencana DOB tersebut, karena pemekaran itu merupakan salah satu cara untuk mensejahterakan masyarakat, baik di Provinsi Papua maupun Papua Barat. “Saya melihat DOB ini ada 2 hal, yaitu hak dan kebutuhan. Artinya masyarakat ada yang menuntut Papua merdeka, tetapi kewajiban pemerintah adalah harus dilakukan pemekaran,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, merdeka adalah urusan orang-orang tertentu karena itu aspirasi. Tetapi pemekaran adalah kebutuhan masyarakat adat. Jika hanya 1 provinsi yang ada di Papua dan Papua Barat, maka akan sulit menjawab potensi sumber daya manusia. “Kalau hanya 1 provinsi nanti sulit, karena anak-anak kami banyak yang berada di kota untuk belajar. Pastinya setelah selesai belajar, akan kembali ke daerah,” papar Yohanes.

Oleh sebab itu, lanjut Yohanes, rencana pemekaran yang dilakukan pemerintah sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat. “Yang mau bicara merdeka silahkan, karena itu aspirasi. Pada prinsipnya, kami mendukung pelaksanaan DOB di Papua dan Papua Barat,” pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.