oleh

Masyarakat Adat Anim Ha Deklarasi Dukung Pemekaran Papua Selatan

-Berita, Papua-24 Dilihat

IndonesiaBangsaku.com – Solidaritas Masyarakat Adat Anim Ha Untuk Pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS) di Kabupaten Merauke mendeklarasikan 6 pernyataan sikap dukung PPS. Kegiatan tersebut diamankan 150 personil Anggota Polres Merauke, Senin (14/3/2022).

Kapolres Merauke Ir. Untung Sangaji, M.Hum melalui Kabag Ops Polres Merauke Kompol Vicy Pandu Wirapradana mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan dengan melibatkan ratusan personil.

“Kita libatkan 150 personil untuk lakukan pengamanan,” ujar Kabag Ops.

Pengamanan dimulai dari Sekretariat PPS Jalan Ahmad Yani, menuju kantor DPRD dialnjutkan dengan menyampaikan poin-poin pernyataan di hadapi para wakil rakyat daerah. Adapun enam pernyataan yang disampaikan adalah:

1. Mendukung Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Papua meliputi DOB Provinsi Papua Selatan, DOB Provinsi Papua Tengah serta DOB Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

2. Meminta Kepada Pemerintah Pusat (Presiden RI), Gubernur Papua, DPRP. Papua, MRP dan Pemerintah Daerah Kab. Merauke agar segera Merespon Aspirasi masyarakat demi menunjang kesejahteraan Rakyat Papua dan menangani dinamika sosial Politik yang berkembang di Tanah Papua, khususnya di Kabupaten Merauke.

3. Mendorong Pemerintah Pusat Untuk tetap Konsisten dalam Agenda Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) khususnya di Provinsi Papua.

4. Meminta Kepada Forum Kepala Daerah se-Tanah Papua agar bersama sama mendukung segala bentuk kebijakan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah Pusat dalam hal ini Pemekaran di Provinsi Papua.

5. Kami Solidaritas masyarakat Wilayah Adat Animha mendukung Sepenuhnya Program dan Kebijakan Pemerintah terutama pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua selatan, dengan adanya hal ini sudah akan membawa dampak Positif bagi Rakyat Papua dan pemerataan Pembangunan.

6. Pemekaran daerah otonomi Baru (DOB) ini diharapkan Papua menjadi semakin maju dan perkembangannya merata di setiap lini sehingga masyarakatnya dapat hidup jauh lebih sejahtera.

Kemudian Ketua Solidaritas Masyarakat Adat, Paskalis Imadawa menyerahkan isi penyataan kepada perwakilan dewan yang diterima oleh Anggota DPRD Moses Kaibu. Kesempatan yang sama Moses Kaibu mengatakan, DPRD Merauke terus berkoordinasi baik antara kegislatif dan pemerintah daerah dari empat kabupaten yakni Mappi, Boven Digoel, Asmat dan Merauke. Hal yang sama juga dilakukan ke tingkat provinsi dan pusat agar pemekaran PPS dapat terlaksana.

“Mari kita saling mendukung dan bekerjasama mendorong segala proses agar Pemekaran Provinsi Papua Selatan dapat kita capai,” pinta Moses. Usai itu, massa lalu bergerak menuju Tugu Libra untuk menyampaikan orasi dan deklarasi yang sama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.