oleh

Mendukung Pemerintah Membangun dan Memajukan Papua

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan keseriusan pemerintah dalam membangun dan memajukan sumber daya manusia di tanah Papua agar sejajar dengan saudara-saudara setanah air lainnya.

Kebijakan afirmasi terbaru bagi tanah Papua adalah ditetapkannya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Berikutnya adalah Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Pemerintah, melalui Kementerian BUMN, pada tahun 2019 telah merekrut putra-putri terbaik Papua sebanyak 522 orang dan tahun 2020 sebanyak 254 orang. Pada tahun 2021, proses perekrutan masih berlangsung hingga memenuhi target 1.000 orang sebagaimana diamanatkan Presiden Jokowi.

Pemerintah, melalui Kementerian BUMN, sejak tahun 2020 juga sudah merekrut 178 penyandang disabilitas untuk menjadi bagian dari BUMN. ”Jumlah ini akan terus ditingkatkan sehingga komitmen sebesar 2 persen dapat terpenuhi,” kata Wapres Amin.

Wapres meyakini segenap bangsa Indonesia turut merasakan kebahagiaan dan kebanggaan atas prestasi putra-putri dari tanah Papua, termasuk penyandang disabilitas, untuk berkarya dan mengabdi kepada bangsa dan negara melalui BUMN. ”Hari ini kita memasuki sebuah semangat dan lembaran baru dalam mengelola potensi pembangunan bangsa,” ujarnya.

Wakil Presiden selaku ketua pengarah bersama para menteri dan pimpinan lembaga terkait saat ini sedang finalisasi Rencana Aksi Tindak Lanjut Inpres No 9/2020 tersebut. Ada tujuh bidang prioritas yang dicakup, yakni penanggulangan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), dan infrastruktur.

”Sesuai arahan Bapak Presiden, program aksi tersebut disusun dengan semangat dan cara kerja baru yang lebih efektif agar mampu menghasilkan peningkatan kesejahteraan bagi rakyat Papua dan Papua Barat,” kata Wapres Amin pada acara Inaugurasi Putra-Putri Terbaik Papua dan Penyandang Disabilitas untuk Berkarya di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Acara pelantikan tersebut, lanjut Wapres Amin, merupakan pelaksanaan komitmen Presiden Joko Widodo pada 10 September 2019 di Istana Negara untuk mengafirmasi penerimaan 1.000 putra-putri terbaik Papua untuk berkarya di berbagai BUMN. Hal ini termasuk bagi penyandang disabilitas. Program afirmasi serupa telah dilaksanakan oleh sejumlah kementerian dan lembaga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *