oleh

Mengenal Lebih Jauh PARWA INSTITUTE….. YUKKK !!!!

Indonesiabangsaku, Jakarta – Parwa Institute lahir sebagai refleksi kondisi politik dan partai politik yang seringkali memproduksi hal-hal negatif terhadap proses kehidupan masyarakat, negara dan bangsa. Konsekuensi yang kemudian muncul dari instabilitas politik dan disorientasi fungsi-peran partai politik, yakni munculnya disharmonisasi antar umat, instabilitas keamanan, fluktuasi ekonomi, dan bahkan dapat menyebabkan fatalitas eksekutif dalam mengambil kebijakan atau membuat peraturan dan legistaltif dalam memproduksi undang-undang.

Situasi dan kondisi politik dan partai politik yang jauh dari harapan publik telah mendegradasi prinsip dan nilai demokrasi substansial. Meskipun demokrasi prosedural telah terlaksana dengan baik, didalam proses perjalanannya telah terjadi praktek politik transaksional yang membutuhkan dana tidak sedikit serta melibatkan masyarakat dalam peta konflik yang sebenarnya tikak perlu terjadi. Disamping itu, banyak generasi milenial – “harapan umat dan bangsa” – muak dan apatis dengan politik dan partai politik yang menegasikan idealisme kaula muda.

Parwa Institute yang didalamnya berhimpun para generasi milenial memiliki cita dan harapan besar – “optimisme” – terhadap partai politik untuk mampu menginternalisasikan dan mengeskternalisasikan fungsi dan perannya sebagai salah satu pilar lahir dan bertahannya demokrasi moderen. Keberadaan Parwa Institute mendorong partai politik untuk menjalankan fungsi dan perannya dengan baik agar demokrasi substansial bisa terwujud, bukan hanya demokrasi prosedural, serta mempercayakan para kader-kader terbaiknya menduduki posisi strategis dalam struktur pemerintahan mengembangkan dan memajukan kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa yang memiliki daya saing global.

Parwa Institute kemudian lahir sebagai lembaga dan bergerak secara independen menyoal seputaran politik dan partai politik. Kami sebagai generasi milenial yang bergabung dalam Parwa Institute berikhtiar untuk menjadi critical thinking – critical partner bagi partai politik, eksekutif, legislatif dan stakeholders lain yang memiliki keterkaitan dan ketertarikan terhadap politik. Kami juga berorientasi menjalankan aktivitas political education kepada masyarakat khususnya generasi milenial. Pada akhirnya, Parwa lebih mengutamakan pola kolaboratif yang konstruktif dan progresif pada perbaikan-perbaikan kondisi politik dan fungsing-peran partai politik menuju Indonesia Unggul 2035 dan Indonesia Emas 2045.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *