Milenial dan Mahasiswa Sambut Papua Youth Creative Hub di Bumi Cenderawasih

Papua22 Dilihat

Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI), Nurkhasanah menyambut baik kehadiran Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai gelanggang kreativitas bagi generasi muda di Bumi Cendrawasih. Bangunan megah yang hampir rampung didirikan itu memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang minat, bakat serta kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua.

“Kami memandang hal itu merupakan sebuah kemajuan yang luar biasa karena fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh anak muda untuk mengembangkan diri dan menjadi motor pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) di Papua,” ujar Nurkhasanah dalam keterangannya, Rabu (23/11/2022).

Leonardo DiCaprio Ternyata Sempat Tolak Audisi Film Titanic Pemprov Jabar Siapkan Rp 20 Miliar Dana Bantuan Tak Terduga Gempa Cianjur Cara Kedubes Iran Promosikan Islam di Negara Zimbabwe
“Kehadiran gedung yang dibangun Pemerintah Pusat itu, membantu generasi muda Papua dalam membuat karya-karya berkualitas dan melakukan segala hal untuk kemanfaatan masyarakat Tanah Papua,” kata dia melanjutkan.

Sebagaimana diketahui, gedung itu juga nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua.

Nurkhasanah pun menyampaikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menaruh perhatian serius dalam pembangunan SDM Papua melalui kepercayaan yang diberikan kepada Papua Muda Inspiratif (PMI).

“Hadirnya fasilitas PYCH patut disyukuri sebagai bentuk kepedulian Presiden Joko Widodo bagi masa depan bangsa, khususnya dalam hal ini, Papua menjadi daerah yang maju dengan diimbangi masyarakatnya hidup lebih sejahtera,” kata Nurkhasanah.

Apalagi, lanjutnya, di gedung itu terdapat ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi hingga perpustakaan.

Diketahui, ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari 300 orang itu juga bisa digunakan untuk kegiatan pertunjukan, keagamaan dan lain sebagainya. Selain itu, Gedung PYCH juga akan dilengkapi dengan internet berkecepatan 100 Mbps, CCTV hingga ruang kontrol.

Menariknya lagi, PYCH dilengkapi dua gedung asrama yang terdiri dari 24 kamar berkapasitas dua orang dengan fasilitas tempat tidur lengkap denga lemari dan kamar mandi dalam. Jadi, total dari dua gedung asrama itu terdiri dari 48 kamar dengan bisa dihuni 96 orang.

Gedung yang mengadopsi konsep green building yang memanfaatkan energi alam seperti pencahayaan dan angin itu dilengkapi juga dengan sistem alarm kebakaran yang terpusat di ruang kontrol, tersambung dengan semua pengeras suara yang ada di dalam maupun luar gedung.

Selain di dalam gedung dengan fasilitas yang sangat memanjakan karena kelengkapannya, ternyata disamping gedung utama ada lapangan futsal maupun basket.

“Dengan disediakan PYCH, kami dari kalangan milenial merasakan bahagia yang sangat dalam, sebagaimana kebahagiaan yang dirasakan oleh masyarakat Papua. Semoga teman-teman bisa menggunakan fasilitas PYCH dengan maksimal, sehingga kita bisa berjaya bersama di masa depan,” kata Nurkhasanah.

Presiden Joko Widodo sendiri telah berharap agar Papua Youth Creative Hub (Poros Kreasi Pemuda Papua) dapat menjadi pusat pengembangan talenta-talenta Papua.

“Kita harapkan (Papua Youth Creative Hub/Poros Kreasi Pemuda Papua) menjadi penggerak, pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua, menjadi pusat kreativitas anak-anak Papua dalam memperkuat ekosistem yang baik,” kata dia, di Jayapura, beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Antara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *