oleh

Otsus Papua Untuk Kesejahteraan Masyarakat Papua

IndonesiaBangsaku.com – Pada Jumat 16 Juli  2021, di Jakarta, telah berlangsung testimoni Otsus Papua Untuk Kesejahteraan Masyarakat Papua,  narasumber Aldo Jufri (Ketua Aliansi Mahasiswa Merdeka Papua Barat) dan Dodi Usman Tomagola (Wasekjen Politik dan Pemerintahan PB HMI),  Sehubungan dengan hal tersebut dapat dilaporkan sebagai berikut :

Aldo Jufri (Ketua Aliansi Mahasiswa Merdeka Papua Barat), mengatakan antara lain : Dana Otonomi Khusus (Otsus) yang diberikan oleh pemerintah pusat sangat diperlukan dan sangat bermanfaat bagi  masyarakat papua.  Dana otsus dipergunakan untuk mensejahterakan masyarakat Papua, membangun  pos lintas batas negara di papua dan berhasil menurunkan harga pangan. Menghimbau masyarakat Papua agar menghindari berita hoaks dan  propokasi penyalahgunaan penggunaan dana otsus. 

Masyarakat Papua juga harus bisa merangkul masyarakat di desa, distrik dan seluruh wilayah Papua agar dapat bersama  sama mendukung penyaluran dana Otsus sehingga Papua dapat lebih sejahtera.  Pada saat ini Papua lebih membutuhkan kesejahteraan yang dapat diperoleh dari penggunaan dana Otsus yang berkelanjutan dibandingkan dengan kemerdekaan Papua. 

Oleh karenanya, masyarakat Papua harus  mendukung pemberian dana Otsus oleh pemerintah pusat untuk kesejahteraan masyarakat Papua. 

Dodi Usman Tomagola, (Wasekjen Politik dan Pemerintahan PB HMI), menyatakan Dana Otonomi Khusus (Otsus)  adalah dana hibah yang diambil dari kas negara diperuntukan untuk kemajuan Pendidikan, kesehatan, dan perbaikan infrastruktur  di Papua.  Selama pengelolaan dana Otsus di Papua, sudah ada perubahan yang signifikan dibidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. 

Dana Otsus  dikelola langsung oleh Provinsi Papua dan diperuntukan berdasarkan aspirasi dan kebutuhan riil di Papua yang diajukan oleh masyarakat Papua. Pemberitaan hoaks terkait pengelolaan dan pemanfaatan dana otsus, merupakan pemberitaan yang keliru. 

Karena dengan adanya tambahan dana Otsus banyak perubahan yang terjadi di Papua.  Semua elemen masyarakat Papua, mahasiswa, pemuda, tokoh masyarakat dan dukungan penuh pemerintah sendiri terhadap Otsus Papua maka dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Papua dan dapat mengatasi keterisolasian antar wilayah. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *