oleh

Panglima TNI Serius Memberantas KKB di Papua

-Hankam-19 Dilihat

Jakarta – Rangkaian teror KKB di Papua terus menjadi sorotan. Mereka melakukan penyerangan terhadap warga sipil hingga aparat TNI-Polri. Bahkan, aksi pembakaran rumah dan sekolah di beberapa wilayah di Papua juga dilakukan KKB.

Jenderal Andika Perkasa menekankan kepada prajuritnya untuk gencar melakukan pembinaan teritorial.

Hal itu disampaikan Jenderal Andika Perkasa ketika memberikan arahan kepada para komandan satuan di Markas Kodam XVIII/Kasuari, Papua Barat beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Jenderal Andika Perkasa mengingatkan kepada para komandan satuan agar menyampaikan kepada para prajurit di bawah untuk terus melakukan pembinaan teritorial.

“Sampaikan ke mereka-mereka yang di bawah, untuk mengubah dan relatif kita lebih menyasar masyarakat. Kelompok-kelompok itu ada dan akan terus silih berganti sampai seperti di mana pun juga mereka berevolusi, bergerak, kemudian itu bukan masalah kita,” kata Andika

Di sisi lain, Pengamat kebijakan publik Jerry Massie, mengatakan perlu ada strategi khusus dalam penanganan konflik di Papua. Dia menyarankan agar Andika Perkasa coba melakukan pendekatan dnegan aspek budaya.  Menurut dia, masyarakat Papua dasarnya orang baik dan polos. Dengan demikian, gunakan kepala suku mereka dan tokoh agama tapi harus melakukan sosialisasi yang gencar.

Menurut dia, masyarakat Papua dasarnya orang baik dan polos. Dengan demikian, gunakan kepala suku mereka dan tokoh agama tapi harus melakukan sosialisasi yang gencar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.