oleh

Papua Muda Inspiratif Perkuat Inovasi

-Papua-69 Dilihat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan groundbreaking pembangunan Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Papua, pada Sabtu, 2 Oktober 2021. Tempat tersebut diharapkan akan menjadi pusat bagi pengembangan dan pemberdayaan bagi anak-anak muda di Papua.

“Saya yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan. Itulah tugas kita, baik di Papua maupun di Papua Barat. Banyak bibit-bibit unggul dengan talenta-talenta yang sangat baik, di bidang sains, seni budaya, maupun olahraga,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Ia mengatakan ide membangun Papua Youth Creative Hub ini muncul dari obrolan dia dengan Komunitas Papua Muda Inspiratif, pada September 2019 lalu. Saat itu, para anak muda yang tengah menempuh dan telah lulus dari berbagai universitas dalam dan luar negeri itu mengusulkan adanya ruang bagi anak muda Papua untuk mengembangkan diri.

“Kami harapkan nanti Papua Youth Creative Hub ini bisa menjadi motor penggerak, bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di Tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada,” ujar Jokowi.

Di sana, Jokowi mengatakan akan ada pelatihan terkait dengan entrepreneurship, pengembangan bagi petani-petani milenial, hingga yang berkaitan dengan ekosistem digital, hingga riset dan inovasi.

Adapun fasilitas di dalam Papua Creative Hub ini akan mencangkup coworking space, ruang teknologi pembelajaran digital, ruang konser, ruang inovasi produknya, asrama, hingga fasilitas olahraga.

“Saya kira ini sudah sangat integrated dan kita harapkan betul-betul tempat ini menjadi sebuah pondasi bagi masa depan Papua dan masa depan Indonesia di masa mendatang. Serta dalam mulai membangun perusahaan-perusahaan startup dari Tanah Papua,” kata Jokowi.

Jokowi menargetkan pada akhir 2022, pembangunan bangunan dan lembaga dari Papua Creative Hub bisa selesai.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.