oleh

Papua Siap Gelar PON XX

Indonesiabangsaku, Jakarta – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah sukses menggelar event pembuka gebyar PON XX yang berlangsung meriah di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Kota Jayapura.

Provinsi Papua pun kian menegaskan kesiapan mereka menggelar hajatan akbar olahraga Indonesia itu.

Gebyar PON XX merupakan sebuah iven yang digelar oleh PB PON untuk mengkampanyekan dan menggaungkan PON XX yang akan berlangsung di 4 klaster penyelenggaraan yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Iven di 4 klaster itu menggunakan anggaran Rp 76 miliar.

Iven gebyar PON XX ini menampilkan musisi dan tarian lokal serta diwarnai dengan penampilan musisi ibukota dan juga melibatkan pelaku usaha lokal. Tujuannya memang sekaligus untuk mendongkrak perekonomian masyarakat lokal di tengah euforia PON XX.

“Kita berharap kegiatan ini bisa berdampak pada pelaku seniman dan usaha lokal dan bisa dimanfaatkan untuk kebangkitan ekonomi. Kita sudah siap menyelenggarakan PON XX,” kata ketua panitia, Otniel Deda.

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura yang juga merupakan Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano juga mengapresiasi terlaksananya gebyar PON XX. Namun ia meminta iven tersebut tetap digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat.

“Saya berharap semua pihak bisa terus mensukseskan acara ini dengan tertib dan aman dan menerapkan prokes ketat. Kegiatan  ini merupakan kegiatan untuk  menggaungkan PON XX yang penyelenggaraannya sudah di depan mata kita,” kata Tomi Mano.

Kota Jayapura merupakan ibukota provinsi yang akan menjadi di barometer pelaksanaan PON XX di Papua. Karena itu, dirinya menegaskan komitmennya untuk mensukseskan PON XX.

“Selaku Ketua Sub PB PON XX Kota Jayapura siap mendukung penyelenggaraan PON XX. Dalam pelaksanaan PON ini, kami menerapkan panca sukses yang telah ditetapkan oleh PB PON. Saya mengajak kita bergandeng tangan untuk mensukseskan PON di Tanah Papua. Papua aman dan siap menggelar PON XX,” tekan Tomi Mano.

Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda mengatakan pihaknya menjamin dalam pelaksanaan gebyar PON XX di 4 klaster akan tetap memprioritaskan dan melibatkan anak-anak asli Papua.

Wonda meminta agar pelaksanaan PON XX nantinya bisa memberikan kesan berarti bagi para kontingen yang akan datang dari seluruh Indonesia.

“Dalam iven ini di atas tanah ini harus pastikan PON bisa berjalan dengan baik. Dalam gebyar PON XX ini juga kami akan pastikan keterlibatan anak Papua. Kita akan pastikan juga bahwa dalam PON nanti bisa menyatukan seluruh anak bangsa. Biarkan seluruhnya hadir di Papua datang dengan senyuman dan kita harap saat mereka pulang membawa kesan yang sama,” kata Wonda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *