oleh

Papua Sudah Siap Sambut Atlet-Atlet PON XX

IndonesiaBangsaku.com – Pekan Olahraga Nasional atau PON XX di Papua sudah tinggal dua bulan lebih akan dimulai. Papua terus mempersiapkan diri. Persiapan sudah hampir rampung dan Papua diklaim telah siap menyambut kedatangan para atlet.

PON Papua rencananya akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Pertandingan akan dilangsungkan di empat wilayah yakni Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Baca Juga

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo yakin PON XX di Papua akan berlangsung sukses. Pria yang kerap disapa Bamsoet ini menilai tanah Papua telah siap menyambut atlet-atlet dari seluruh provinsi se-Indonesia.

Menurut Bamsoet, PON Papua sangat menarik karena merupakan perpaduan antara keindahan alam dan budaya yang menyatu dalam sportivitas olahraga.

“Papua telah siap menyambut atlet-atlet nasional untuk berlaga di PON. PON kali ini memang terasa spesial karena Papua memiliki destinasi alam dan budaya yang indah. Maka nanti pertandingan antar cabor olahraga akan terasa menarik,” ujar Bamseot dalam keterangannya, Rabu (14/7/2021).

“Nantinya, PON ke-20 ini tidak hanya bertujuan untuk melahirkan atlet berkelas dunia, namun juga untuk memajukan industri pariwisata berbasis alam dan juga budaya,” kata Bamsoet lagi.

Panitia Besar PON XX Papua 2021, baru-baru ini merilis enam seri promo tematik untuk mensosialiasikan penyelenggaraan PON.

Promo tematik ini berisi perpaduan atlet dari berbagai cabang olahraga dengan keindahan alam di Bumi Papua.

Misalnya Lembah Baliem, merupakan salah satu wisata yang terletak di pegunungan Jayawijaya. Di sini wisatawan bisa menikmati suasana alam, trekking, dan atraksi budaya.

Dengan visual Lembah Baliem dan dipadupadankan dengan olahraga sepak bola, menjadikan euforia PON ke-20 semakin terlihat.

Ada juga Jembatan Youtefa, Ikon baru Provinsi Papua satu ini sangatlah megah dan menarik untuk diperhatikan.

Selain menjadi jembatan tipe pelengkung baja yang pertama kali dibangun di Papua, gambar jembatan ini juga tercetak pada uang pecahan Rp. 75.000 edisi khusus HUT RI ke-75. Pada promo tematik PON XX, Jembatan Youtefa muncul bersama dengan cabang olahraga Aerosport yaitu Gantole.

Tak ketinggalan, Stadion Lukas Enembe merupakan venue utama PON XX Papua 2021. Stadion ini berlokasi di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Memiliki kapasitas lebih dari 40.000 penonton, seluruh fasilitas stadion telah berstandar Internasional. Stadion kebanggaan Masyarakat Papua ini juga masuk dalam seri promo tematik yang dirilis oleh PB PON XX Papua 2021.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *