oleh

Pembangunan Infrastruktur Dukung Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Integrasi daerah sangat diperlukan agar pembangunan infrastruktur berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal itu dikatakan oleh Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani

“Ini karena untuk infrastruktur memang anggaran ke daerahnya banyak, sehingga dibutuhkan integrasi,” ujar Aviliani.

Ia menilai, selama ini pembangunan infrastruktur cenderung lebih mementingkan ego sektoral, sehingga pada akhirnya infrastruktur hanya dibangun tetapi tidak ada integrasi mengenai pemakaiannya.

Salah satu contoh yang menarik yaitu pembangunan pelabuhan yang mayoritas pembangunannya tidak disertai keberlanjutan rencana penggunaannya oleh pemerintah daerah, sehingga tidak ada kapal berlabuh di sana.

Kemudian, contoh lainnya yakni pembangunan infrastruktur saat Asian Games 2018 di Sumatera Selatan, yang saat ini cenderung tidak terpakai karena pemerintah daerah yang baru tidak mau menanggung biaya perawatannya.

Hal ini juga dipertegas oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thoir menekankan bahwa kunci penanganan Covid-19 adalah kebersamaan.

“Kunci penanganan Covid-19 ini adalah kebersamaan,” tegas Erick Thohir.

Menurutnya, tidak cukup hanya kerja sama Pemerintah saja, namun masyarakat di Tanah Air juga harus mendukung program-program Pemerintah dalam menekan laju penularan Covid-19.

“Salah satunya adalah isolasi terapung ini penting sekali mendapat dukungan dari masyarakat,” ucap Erick.

Sebab itu, dia mengajak masyarakat yang membutuhkan tempat isolasi agar jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan kapal isoter.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *