Pemerintah Berupaya Mengangkat Pelaku UMKM Di Tanah Papua

Tak Berkategori73 Dilihat

Papua, indonesiabangsaku.com – Pemerintah Indonesia melalui lintas kementerian terus berupaya meningkatkan kemampuan ketrampilan dan manajemen bisnis hingga memperoleh legalitas perijinan usaha bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) orang asli Papua.

Melakukan pembinaan pelaku UMKM bagi orang asli Papua merupakan amanah UUD 1945 pasal 33 ayat 4,  karena UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pelaku UMKM juga memiliki peran yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Tanah Papua.

Untuk bisa menjadikan pelaku UMKM di Tanah Papua lebih terampil, mandiri dan naik kelas sejajar dengan pengusaha lain di berbagai daerah Indonesia diperlukan keterlibatan pemerintah dalam membimbing pelaku UMKM asli Papua.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi

Beberapa alasan pentingnya UMKM bagi perekonomian nasional di antaranya jumlah UMKM yang sangat banyak dan tersebar di perkotaan maupun pedesaan bahkan hingga di pelosok terpencil. Bahkan, pelaku UMKM tergolong sangat padat karya, mempunyai potensi pertumbuhan kesempatan kerja yang besar dan peningkatan pendapatan.

Pelaku UMKM banyak terdapat dalam sektor pertanian,  yang secara tidak langsung mendukung pembangunan karena banyak menampung pekerja. Dalam kondisi krisis ekonomi sekalipun, UMKM mampu untuk bertahan dan eksis, seperti yang terjadi pada tahun 1997/1998. Pelaku UMKM mampu menyediakan barang-barang kebutuhan relatif murah, serta mampu dan cepat beradaptasi dalam kemajuan zaman.

Sumber: antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *