oleh

Pemerintah Cairkan Dana Bantuan Program Keluarga Harapan untuk Papua

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto bersama Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat melakukan pencairan dana bantuan non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Jayapura.

Acara yang digelar di Gedung Olahraga Waringin Kota Jayapura ini dihadiri setidaknya 115 orang.Airlangga dalam sambutannya mengatakan, sesui keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi), PKH harus memberikan keuntungan bagi warga masyarakat penerima. Diingatkan kepada warga untuk menyimpan kartu ATM atau PIN ATM baik-baik.

“Jangan sampai berpindah ke orang lainnya ya, jangan PIN-nya diketahui orang lain,” kata Airlangga.

Selain itu, akan ada pelatihan untuk ‘Mama-Mama Papua’ untuk mengembangkan industri kreatif mereka. “Nanti teman-teman koordinator wilayah minta Pak Dirjen untuk pelatihan kepada mama-mama ini,” ungkapnya.

Sementara itu Harry Hikmat memaparkan, sejak PKH diresmikan Jokowi pada 2015, nominal bantuan terus ditambah hingga kini mencapai Rp34,4 triliun.

“Terus mengalami peningkatan, karena dinilai dengan program ini bisa mengurangi kemiskinan dan membantu peningkatan mutu keluarga. Targetnya masih sama dengan tahun lalu yakni 10 juta penerima,” ujarnya.

Khusus untuk Papua, kata Dirjen, sesuai arahan Jokowi, jika daerah lain menerima PKH Rp550 ribu, di Papua penerima PKH mendapat Rp1.6 juta.

“Jadi kalau ada anaknya yang SMP Rp375 ribu, SD Rp225 ribu dan tambahan tetap Rp1 juta, sehingga untuk Papua menerim Rp1,6 juta di tahap pertama, di tahap kedua nantinya tidak ada bantuan tetap,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan PKH dan BPNT secara simbolis oleh Menteri dan Dirjen. Sementara ribuan warga yang hadir sebelumnya di luar gedung telah antre untuk mencairkan bantuan ini melalui BNI.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.