oleh

Pemerintah perpanjang PPKM level 4 hingga 16 Agustus, ada beberapa pelonggaran

IndonesiaBangsaku.com – Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 di Jawa dan Bali selama satu minggu hingga 16 Agustus 2021. 

Keputusan tersebut diambil untuk menjaga momentum penurunan kasus yang terjadi selama pelaksanaan PPKM level 4 satu pekan terakhir.

“PPKM Level 4, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai tanggal 16 Agustus 2021,” ujar Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers, Senin (9/8).

Luhut bilang, terdapat 26 kabupaten/kota yang telah turun level penerapan PPKM dari level 4 ke level 3. Meski begitu sejumlah kota besar masih dalam penerapan PPKM level 4.

Namun, koordinator penanganan Covid-19 di Jawa dan Bali itu bilang ada sejumlah pelonggaran dalam pelaksanaan PPKM level 4. Mal dan pusat belanja di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang akan dibuka saat PPKM level 4.

“Uji coba pembukaan pusat perbelanjaa atau mal akan dilakukan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang dengan kapasitas 25% selama seminggu ke depan, dengan protokol kesehatan yang ketat,” terang Luhut.

Pengunjung mal dan pusat belanja diwajibkan telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Selain itu masyarakat usia di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun dilarang mengunjungi mal dan pusat belanja.

Selain mal dan pusat belanja, pemerintah juga akan memberikan kelonggaran bagi industri esensial berorientasi ekspor. Industri berorientasi ekspor dapat beroperasi 100% staf dengan membagi dua shift.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *