oleh

Pemuda Papua Inspiratif Dorong Program Petani dan Nelayan Milenial

-Ekonomi, Papua-68 Dilihat

Jakarta – Papua Muda Inspiratif (PMI) adalah sebuah ekosistem Kepemudaan berbasis kewirausahaan yang telah ada di hampir seluruh kota dan kabupaten di Papua dan Papu Barat. Sejak berdirinya di akhir 2019 lalu, PMI telah melatih dan memberikan permodalan kepada ratusan anak muda asli Papua.

PMI juga menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendorong program-program Petani Milenial, dan Nelayan Milenial untuk ketahanan Pangan Nasional.

Semua tau bahwa Papua terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi potensi Papua tidak hanya sebatas kekayaan dan keindahan alamnya.

Papua pun memiliki produk-produk unggulan, berkualitas tinggi siap untuk didistribusikan secara nasional dan di ekspor ke mancanegara. Melihat banyaknya potensi yang tersimpan di tanah Papua, maka Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag) bekerjasama dengan Papua Muda Inspiratif (PMI) mengadakan acara Pengembangan Kewirausahaan bagi UMKM Papua Inspiratif dengan tajuk Kegiatan  dan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri.

Melihat banyaknya potensi yang tersimpan di tanah Papua, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan Papua Muda Inspiratif (PMI) mengadakan acara Pengembangan Kewirausahaan bagi UMKM Papua Inspiratif dengan tajuk Kegiatan Peningkatan Kewirausahaan dan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri.

Acara ini bertujuan untuk melaksanakan pendampingan dan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM Papua Muda Inspiratif baik dari sisi peningkatan daya saing produk, wawasan manajemen sumber daya manusia (SDM) dan pengelolaan keuangan usaha, serta peningkatan akses pasar dengan marketplace. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap produk dalam negeri khususnya produk-produk asal Papua.

Sehubungan dengan hal tersebut, Inspektur I Kementerian Perdagangan, Ojak Simon Manurung menyampaikan bahwa Papua Muda Inspiratif menjadi motor penggerak para pemuda pelaku usaha di Papua.

“Dibangunnya Papua Youth Creative Hub adalah wujud nyata dukungan pemerintah terhadap pelaku industri usaha muda. Kami mengharapkan agar pelatihan ini diselenggarakan secara teratur agar manfaatnya lebih terasa signifikan.” ujar Inspektur I Kemendag tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.