oleh

Penyelengaraan G20 di Indonesia bisa Pulihkan Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku yakin penyelenggaraan G20 dengan Indonesia sebagai tuan rumah akan memberikan dampak ekonomi yang positif. Salah satunya adalah sektor pariwisata yang begitu tertekan saat pandemi Covid-19 mulai menjangkiti negeri ini sejak Maret 2020 lalu.

Hal itu dikatakannya saat membuka Leaders Summit Asia di sesi Minister Talk Global Tourism Forum 2021 yang membahas Reopening Asean Tourism Destination for Internasional Tourist. Menparekraf mengatakan, saat ini sektor pariwisata sedang bangkit dan menuju pemulihan dengan sukses mengendalikan Covid-19 sampai Indonesia menggelar Presidensi G20 di akhir tahun.

“Kita percaya bahwa sektor pariwisata pulih di akhir tahun ini sambil kita mempersiapkan Presidensi Indonesia di Forum G20 di bulan November dan Desember. Aktivitas Bali akan fokus di G20 menjadi tuan rumah selain Jakarta, Borobudur dan destinasi lainnya,” kata Sandiaga dalam Minister Talk Global Tourism Forum 2021 secara virtual, Jakarta, Rabu (15/9/2021).

Karena Bali dipilih jadi tempat selain Jakarta untuk G20 nanti, Sandiaga mengatakan mereka mempersiapkan sebaik mungkin dengan prioritas sektor kesehatan. Diantaranya adalah dengan percepatan vaksinasi juga menjaga semua aspek agar tak ada lagi kasus Covid-19 baru. 

“Bagaimana kita mengelola sektor kesehatan agar berjalan baik, menjaga ketersediaan tempat tidur tetap menurun, dan sejalan dengan itu kita memberikan bantuan sosial dengan uang tunai atau transfer serta bansos untuk masyarakat Indonesia yang kerja di sektor pariwisata dan ekraf,” ujarnya.

Dengan adanya forum Menteri tersebut, Sandiaga berharap negara-negara yang mewakili bisa melihat perkembangan pariwisata Indonesia sendiri. Diantara yang hadir Minister Talk antara lain Singapura diwakili oleh Alvin Tan, Menteri Perdagangan dan Industri,  Dr Thong Korn, Menteri Pariwisata Kamboja, Nguyen Van Hung, Menteri Seni, Olahraga dan Pariwisata Vietnam, Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Phiphat Ratchakiyprakarn serta Menteri Sumber Daya Utama dan Pariwisata Brunei Darussalam, Dato Seri Setia Awang Haji Ali Bin Apong.

“Kita juga berharap pariwisata internasional bisa bertahan untuk siap menyambut turis Indonesia. Pandemi bisa dikendalikan, vaksinasi bisa dijalankan, pariwisata akan tetap aman,” kata Sandiaga.

Global Tourism Forum adalah inisiatif dari World Tourism Forum Institute yang berbasis di London. Mulai tahun 2020, acara World Tourism Forum Institute di berbagai negara diberi judul Global Tourism Forum.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *