oleh

Percepatan Vaksinasi Covid-19 Lengkap untuk Pembentukan Antibodi Masyarakat

Berbagai cara masih terus dilakukan oleh pemerintah dan sejumlah sektor untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di Indonesia. Salah satunya dengan terus mengejar capaian vaksinasi Covid-19, terutama booster.

“Masyarakat harus sungguh-sungguh menyadari bahwa meskipun antibodi yang diproduksi tinggi setelah mendapatkan vaksinasi lengkap ditambah booster, kemungkinan untuk terinfeksi Covid-19 masih ada. Hanya saja risiko bergejala berat dan kematian akibat Covid-19 berkurang. Terutama bagi golongan lanjut usia dan yang memiliki komorbid sangat perlu mendapat perlindungan dari vaksinasi lengkap dan booster,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan dalam keterangannya, beberapa waktu lalu.

Nadia mengatkaan bahwa target vaksinasi perlu dikejar lebih jauh dan lebih cepat lagi. Ini akan mempercepat pembentukan kekebalan kelompok di populasi penduduk Indonesia, terutama untuk mencegah kembali lonjakan kasus. Hingga hari ini, vaksinasi dosis 1 telah diberikanlebih dari 190 juta penduduk. Kemudian vaksinasi dosis 2 telah diberikan lebih dari 150 juta. Sementara vaksinasi dosis 3 juga telah diberikan kepada sekitar 16 juta penduduk.

Foto oleh Nataliya Vaitkevich dari Pexels
Foto oleh Nataliya Vaitkevich dari Pexels

Capaian tersebut tidak terlepas dari dukungan pihak swasta, salah satunya startup di bidang teknologi kesehatan, SehatQ, telah menyalurkan 15.346 vaksinCovid-19 kepada masyarakat Indonesia di periode kuartal pertama 2022.

Dikutip dari ANTARA, sentra vaksinasi yang digelar oleh pihak tadi utamanya menyasar masyarakat umum yang ingin mendapatkan vaksin booster. Hal ini selaras dengan program vaksinasi dosis ketiga atau booster yang digencarkan pemerintah sejak 12 Januari 2022.

Dalam membuka sentra vaksinasi Covid-19, SehatQ bekerja sama dengan pemerintah daerah atau kota setempat, yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara.

“Pemberian vaksin booster ditujukan untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi virus. Semakin banyak yang terlindungi, tentu semakin baik,” kata dr. Alin Hendarlin Mahdaniar, Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan.

Upaya SehatQ dalam mendukung program percepatan vaksinasi pemerintah ini juga mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Widyastuti, MKM.

“Penyelenggaraan sentra vaksinasi yang dilakukan secara konsisten di tahun 2022 oleh SehatQ tentu membantu menjangkau lebih banyak masyarakat. Jadi, diharapkan kegiatan vaksinasi ini dapat membantu menekan laju penyebaran Covid-19 secara signifikan,” kata dr. Widyastuti.

Terkait program vaksinasi ini, Chief Commercial Officer SehatQ, Andrew Sulistya mengatakan bahwa SehatQ akan terus memberikan dukungan kepada pemerintah untuk mempercepat pemberian vaksin Covid-19, khususnya dosis ketiga, melalui penyelenggaraan sentra vaksinasi di beberapa lokasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.