oleh

Perempuan Penerbang dan Putra Asli Papua Jadi Laksamana TNI AL

-Berita, Papua-41 Dilihat

IndonesiaBangsaku.com – Ada yang menarik dalam mutasi terbaru di tubuh TNI AL. Satu-satunya Korps Wanita TNI AL dengan spesialisasi penerbang laut dan seorang putra asli Papua menyandang pangkat laksamana pertama atau laksma.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksma Julius Widjojono, Rabu (4/5/2022), mengatakan, kedua perwira TNI AL itu memang kinerjanya dinilai sangat baik. Selain itu, masing-masing juga telah senior. Laksamana pertama adalah pangkat bintang satu di TNI AL.

Saat menerima keduanya dalam tradisi pelaporan pangkat bersama 10 perwira tinggi lainnya, Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono mengingatkan, pangkat dan jabatan adalah kesempatan. Apalagi, jabatan ada batasnya. Oleh karena itu, jabatan harus digunakan untuk berkarya dan berguna sebagai bukti eksistensi masing-masing.

Perwira TNI AL putra asli Papua Laksma Yohanis Yulius Tamoni merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan XXXVII/tahun 1991, yang sejak 25 Maret 2022 menjabat sebagai Kepala Kelompok Staf Ahli Komando Armada III. Sebelumnya, ketika berpangkat kolonel, perwira TNI AL ini menjabat sebagai Wakil Komandan Lantamal XIV/Sorong.

Adapun Laksma Ni Ketut Prabhawati adalah wanita kelahiran Tabanan, Bali, 20 November 1967. Jabatan yang diembannya sekarang adalah Sekretaris Lembaga (Seklem) Akademi Angkatan Laut (AAL) sejak 25 Maret 2022.

Wanita berusia 54 tahun ini merupakan satu-satunya prajurit Korps Wanita Angkatan Laut dengan spesialisasi penerbang laut dan jabatan sebagai co-pilot Skadron Udara 600/Angkut Taktis pernah diembannya pada 1996.

Selama berdinas, Laksma Ni Ketut pernah mengikuti pendidikan militer, di antaranya Pendidikan Pertama Bintara Militer Sukarela (1985), Pendidikan Brevet Penerbang (1988-1989), Pendidikan Pembentukan Perwira (1990), Pendidikan Spesialisasi, Sekolah Staf Komando TNI AL, Sekolah Staf Komando TNI dan Lembaga Ketahanan Nasional. Sebelum menjabat sebagai Seklem AAL, jabatan Ni Ketut adalah Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Malang.

Selain keduanya, ada 10 perwira tinggi AL yang naik pangkat, yaitu dua orang naik dari laksamana pertama (laksma) menjadi laksamana muda (laksda), yaitu Laksma TNI Ferial Fachroni dan Laksma TNI Wahyu Mujiono.

Selain itu, ada delapan perwira berpangkat kolonel menjadi laksamana pertama/brigadir jenderal (brigjen), yaitu Laksma TNI Tangka Nouldy Jan, Laksma TNI Syamsul Bachri, Laksma TNI Widiyantoro, Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat, Brigjen TNI (Mar) Suprapto Adi, Brigjen TNI (Mar) Purwanto Djoko P, Brigjen TNI (Mar) Tony Kurniawan, dan Laksma TNI Samista.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.