Polisi Sebut Filipina dan Papua Nugini Jadi Jalur Suplai Senjata ke KKB

Tak Berkategori26 Dilihat

indonesiabangsaku.com –Suplai senjata kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Pulau Papua tidak lepas dari Filipina dan negara tetangga, Papua Nugini. Para pemasok senjata ini melakukan transaksi di dua negara tersebut.

Kapolda Papua Irjen Pil Mathius Fakhiri tegas minta agar jalur transportasi laut dan wilayah perbatasan, dijaga ketat aparat gabungan terutama Polri.

Hal ini untuk mengantisipasi upaya penyelundupan senjata api dan amunisi dari negara luar masuk ke Papua.

“Negara PNG dan Filipina menjadi target utama para pelaku untuk melakukan transaksi jual beli senjata api,” kata Mathius, Senin (23/01).

Sebut Kapolda, penyelundupan senjata melalui jalur laut sangat rentan masuk dari Filipina.

Selain itu, di Papua sendiri ada lima wilayah kabupaten yang menjadi pintu masuk penyelundupan senjata api beserta amunisi, yakni Kota Jayapura, Keerom, Nabire, Boven Digoel dan Pegunungan Bintang.

Di samping itu Kapolda juga telah memerintahkan Satgas Damai Cartenz beserta Polres jajaran mengusut kasus penyelundupan senjata api.

“Saya sudah minta satgas Damai Cartenz dan Polres membuka jaringan senjata api di wilayah Selatan, termasuk wilayah perbatasan Jayapura dan Pegubin,” tegasnya. [cob]

sumber : id.berita.yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *