oleh

Politisasi Pandemi Akan Menghambat Herd Immnunity

Agar terciptanya herd immunity atau kekebalan komunal, pemerintah pudat maupun daerah terus melakukan percepatan program vaksinasi nasional Covid-19.

Namun di tengah upaya pemerintah meningkatkan target vaksinasi tersebut, masih ada masyarakat yang enggan divaksin. Beragam alasan dilontarkan, mulai dari tak percaya adanya virus Corona, keraguan akan kemanjuran (efikasi) vaksin, sampai ketakutan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Menyikapi hal tersebut, pengamat kebijakan publik dari Makara Strategic Insight, Iwan Freddy, mengatakan bahwa para stakeholder perlu mewaspadai berbagai aksi dari kelompok kepentingan dan oposisi yang dapat menghambat program vaksinasi nasional.

“Parà stakeholder dan masyarakat perlu mewaspadai adanya pihak-pihak tertentu yang mempolitisir situasi pandemi dengan cara menyebarkan berbagai hoax guna menghambat suksesnya program vaksinasi nasional”, ujar Iwan Freddy.

Lebih lanjut, dirinya menyatakan suksesnya program vaksinasi nasional akan mempercepat terwujudnya kekebalan kolektif yang dapat menurunkan kasus positif covid-19.

“suksesnya program vaksinasi nasional akan mempercepat terwujudnya kekebalan kolektif yang dapat menurunkan kasus positif covid-19”, tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *