oleh

Potret Kemeriahan Sambut HUT ke-77 RI di Dusun Yakyu Merauke Papua, Perbatasan RI-PNG

-Papua-49 Dilihat

Potret kemeriahan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sangat terasa di Dusun Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota Kabupaten Merauke, Papua, perbatasan RI dengan Papua Nugini (PNG), Senin (15/8/2022). Masyarakat dusun Yakyu yang notabene Orang Asli Papua (OAP) bersama Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 123/Rajawali sibuk mempersiapkan peringatan bulan kemerdekaan.

Antusias masyarakat perbatasan yang sangat tinggi tak kalah saing dengan kerlap kerlip merah putih di wilayah Kota Merauke. Mulai dari menghias jalan kampung dan rumah masing-masing dengan aneka pernak-pernik khas Agustus-an serta mempersiapkan tempat untuk upacara yang tinggal menghitung hari. Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Letkol Inf Goklas P Silaban mengatakan, kekompakan personel Satgas Rajawali Pos Yakyu bersama warga setempat sangat erat.

“Kampung ini terlihat sangat meriah dengan hiasan umbul-umbul beraneka warna, bendera merah putih, spanduk maupun dekorasi khas agustus-an,” kata Dansatgas dalam rilisnya kepada Tribun-Papua.com, Senin (15/8/2022). Meski diakuinya, untuk menembus dusun Yakyu harus melewati rintangan jaraknya yang jauh dan rawa.

Namun tak menyurutkan langkah TNI AD bersama masyarakat setempat menyambut hari istimewa kemerdekaan RI yang setiap tahun selalu dinanti-nantikan kehadirannya. “Walaupun kampung mereka berada jauh dan harus melewati rawa selama 2 jam. Hal itu tidak menyurutkan semangat warga Yakyu dalam menghias kampung, tempat tinggalnya,” ungkap Letkol Inf Goklas P Silaban.

Sementara itu, Danpos Yakyu Satgas Yonif 123/Rajawali, Letda Inf Darwin Manullang menuturkan, ia bersama anggotanya terus memotivasi dan mengajak masyarakat Dusun Yakyu untuk menyemarakkan HUT ke-77 RI.

Menurutnya, memberikan penghargaan, penghormatan dan peringatan terhadap hari kemerdekaan Republik Indonesia dapat dilaksanakan dengan berbagai cara dalam mengimplementasikannya.

“Kami bersama masyarakat Yakyu sangat gembira, bahu membahu memasang bendera, umbul-umbul, memasang baliho dan tak luput mempersiapkan tempat upacara dengan membuat podium serta pengecoran tiang bendera,” tandas Danpos. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.