oleh

PPKM Darurat, Menteri Keuangan Tingkatkan Anggaran Kesehatan Jadi Rp193,39 Triliun

IndonesiaBangsaku.com – Menteri Keuangan, Sri Mulyani, telah memutuskan bahwa anggaran kesehatan bakal ditambah, dari Rp182 triliun menjadi Rp193,93 triliun untuk memenuhi kebutuhan belanja dan kebijakan penanganan Covid-19. Hal tersebut diungkapkan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat kabinet RI dan dikutip Jurnalis Indonesia, Selasa (6/7).

“Dengan berbagai pergerakan dan perubahan yang sekarang ini terjadi, terutama menyangkut peningkatan Covid-19 yang kemudian dilakukannya kebijakan PPKM Darurat, maka APBN perlu meningkatkan lagi dukungannya bagi terutama program-program di bidang kesehatan dan perlindungan sosial,” ujarnya.

Sri Mulyani memaparkan, APBN perlu ditingkatkan dan mendukung program-program dalam prioritas penangan Covid-19 yang digunakan untuk membiaya diagnostik untuk testing dan tracing; therapeutic untuk biaya perawatan pasien, insentif tenaga kesehatan, santunan kematian untuk tenaga kesehatan, pengadaan obat-obatan dan alat pelindung diri (APD).

“Ini naik dari yang kemarin kita telah sampaikan Rp172 triliun, dan naik lagi jadi Rp182 triliun, dan sekarang naik ke Rp193 triliun. Jadi terjadi kenaikan yang sangat tinggi di bidang kesehatan,” paparnya.

Anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan 53,91 juta dosis vaksin dan bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk 19,15 juta orang, serta insentif perpajakan untuk kesehatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *