oleh

PPKM Dilonggarkan Bertahap, Kegiatan Sosial Ekonomi Berpotensi Pulih Pada Kuartal IV 2021

IndonesiaBangsaku.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan, kegiatan sosial-ekonomi masyarakat dapat kembali pulih pada kuartal IV tahun 2021 mendatang. Pemerintah sendiri akan menyesuaikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara bertahap dengan syarat masyarakat sudah divaksinasi.

“Seiring dengan pengurangan tekanan pandemi ini, maka kita akan secara bertahap menyesuaikan pembatasan dengan persyaratan masyarakat yang sudah divaksinasi,” kata Airlangga dalam acara pidato kebangsaan yang ditayangkan akun YouTube CSIS Indonesia, Selasa (10/8/2021).

“Sehingga kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa pulih kembali diperkirakan di kuartal ke 4 tahun 2021,” kata Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar itu menuturkan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani pandemi Covid-19 serta mengatasi dampak sosial-ekonomi.

Ia mencontohkan, Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan agar program vaksinasi nasional terus digenjot dengan target 2 juta suntikan per hari.

Sementara, di sisi ekonomi, pemerintah telah menyalurkan stimulus dan insentif bagi pekerja dan dunia usaha untuk menahan laju perlembatan ekonomi.

Ia mengatakan, pemerintah juga mengambil tindakan non-medis yakni dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mengantisipasi dan memutus penyebaran Covid-19.

“Pengendalian pandemi secara terintegarasi diharapkan akan mengurangi kasus aktif ke tingkat yang bisa ditolerir dan memberikan ruang kelonggaran tekanan pada fasilitas keesehatan, rumah sakit, oksigen dan obat-obatan,” kata Airlangga.

Ia menambahkan, proses pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi merupakan salah satu yang terbaik di Asia berkaca dari angka pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07% pada kuartal II tahun 2021.

“Dengan pertumbuhan ekonomi ini, masa depan yang cerah kita rebut kembali,” ujar Airlangga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *