oleh

Prabowo Bahas Lanjutan Kerja Sama Pertahanan dengan Menlu Prancis

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas tindak lanjut kemitraan strategis antara Indonesia dan Prancis di sektor pertahanan.

Sebelumnya, RI dan Prancis telah menandatangani kesepakatan kerja sama pertahanan pada Juni 2021 di Prancis yang ditandatangani oleh Prabowo dan Menhan Prancis Florence Parly.

Berdasarkan keterangan resmi Biro Humas Setjen Kemhan, kerja sama pertahanan yang sudah terjalin antara Indonesia dan Prancis mencakup berbagai bidang, mulai dari intelijen hingga industri pertahanan.


“Ini juga termasuk kerja sama pasukan pemelihara perdamaian, pemberantasan terorisme. Termasuk pengembangan dan penelitian industri pertahanan termasuk produksi bersama,” ujar Biro Humas Setjen Kemhan dalam keterangan tertulis, Rabu (24/11/2021).

Sebagai informasi, Le Drian melakukan lawatan ke Indonesia sejak 23 November 2021. Kemarin, ia diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan bertemu juga dengan Menlu Retno Marsudi dan Menko Marves Luhut Pandjaitan.

“Jean-Yves Le Drian akan membahas implementasi strategi Indo-Pasifik Prancis dan Eropa dalam mendukung ruang bebas, terbuka, dan berdasarkan penghormatan terhadap hukum internasional dan multilateralisme,” sebut pemerintah Prancis dalam keterangan resminya.


Sebelumnya, pada pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela-sela KTT G-20, Roma, Italia pada Oktober, Presiden Jokowi mengutarakan rasa puas dengan kemajuan dalam kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Prancis.

Pernyataan tersebut merujuk perjanjian kerja sama pertahanan yang diteken Prabowo dan Menhan Prancis Florence, di Paris pada Juni lalu.

“Saya menyampaikan apresiasi untuk kemajuan kerja sama pertahanan Indonesia-Prancis dalam pertemuan bilateral saya dengan Presiden Emmanuel Macron, tadi di Hotel Splendide Royal, Roma,” kata Jokowi melalui akun Twitter @jokowi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *