Presidensi Indonesia dalam KTT G20 Bukti Kapabilitas Pemerintah di Kancah Internasional

G20819 Dilihat

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali adalah pertemuan ke-17 dari Group of Twenty (G20). Dalam kegiatan tersebut, kapabilitas Indonesia sangat menjadi sorotan mengingat pada tahun ini Indonesia ditunjuk sebagai presidensi dalam KTT G20. Presidensi Indonesia dalam KTT G20 sendiri telah berlangsung sejak 1 Desember 2021 hingga November 2022. Anggota G20 terdiri dari Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

Awalnya, G20 merupakan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, namun sejak tahun 2008, KTT G20 juga dihadiri oleh Kepala Negara dan pada tahun 2010, mulai dibentuk pembahasan mengenai sektor pembangunan.

Saat ini Indonesia terpilih menjadi ketua atau Presidensi dalam kegiatan KTT G20 ke-17. Hal tersebut berkaitan dengan Indonesia yang menjadi tuan rumah dari pertemuan KTT ke-17 itu berlangsung, yaitu di Bali pada 15-16 November 2022. Melalui presidensi tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia untuk bahu-membahu dan saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan, hal itu berkaitan dengan tema Presidensi G20 Indonesia, yaitu “Recover Together, Recover Stronger”.

Dengan ini Indonesia tentu memiliki kesempatan besar untuk memperjuangkan kepentingan nasionalnya melalui dukungan internasional dalam KTT G20. Dari perspektif regional, Presidensi ini menegaskan kepemimpinan Indonesia dalam bidang diplomasi internasional dan ekonomi di kawasan ASEAN, mengingat Indonesia merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota G20. Selain itu, berbagai keunggulan sektor yang dimiliki Indonesia juga menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki kapabilitas dan kualitas kepemimpinan yang patut diakui kancah internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *