oleh

Program Analog Switch Off (ASO) Momentum Transformasi Digital Indonesia

Dalam rangka mendukung program analog switch off (ASO) yang akan dilakukan secara bertahap, pemerintah melalui Kementerian Kominfo RI mulai membagikan set top box gratis untuk masyarakat. ASO sendiri merupakan upaya pemerintah melakukan transformasi digital di Indonesia.

Staf Khusus Menkominfo, Philip Gobang mengatakan bahwa transformasi digital merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

“Transformasi tersebut harus mewujudkan kedaulatan dan kemandirian digital yang menjadi prinsip penting dalam pelaksanaan transformasi digital di Indonesia,” kata dia dalam sosialisasi analog switch off (ASO) dan seremoni penyerahan bantuan set top box (STB) Kementerian Kominfo bersama Komisi I DPR RI di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat (1/4/2022).

Mengingat pentingnya transformasi digital, Kementerian Kominfo sebagai kementerian teknis telah menyusun peta jalan digital Indonesia 2021 hingga 2024.

“Dalam peta jalan Indonesia ini, fokus utama pada empat hal yaitu infrastruktur digital, masyarakat digital, pemerintahan digital, dan ekonomi digital. Dalam hal itu, Kementerian Kominfo tegas sejak beberapa tahun yang lalu telah mendorong upaya-upaya dalam gerakan nasional literasi digital,” imbuhnya.

“Dalam rangka gerakan nasional literasi digital berfokus pada empat hal yang menjadi kurikulum dari literasi digital nasional, yaitu keamanan digital, kemampuan digital, etika digital, dan budaya digital,” lanjut Philip.

Dia menuturkan, situasi global pandemi yang terjadi sejak dua tahun yang lalu mendorong masyarakat menghadapi perubahan besar yang niscaya harus dihadapi dan harus dilewati dengan berbagai upaya transformasi.

“Salah satunya adalah bagaimana upaya tranformasi secara digital. Kita mendapatkan kebutuhan yang sangat tinggi tentang akses dan konektivitas internet,” imbuh dia.

Dalam kesempatan tersebut, bantuan set top box (STB) ikut dibagikan secara simbolis kepada sepuluh orang perwakilan dari Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng). STB diserahkan langsung oleh Anggota Komisi I DPR RI Dapil Bangka Belitung, Ir. Rudianto Tjen.

Diketahui, Kota Pangkalpinang dan Bateng masuk sebagai daerah gelombang pertama akan dilakukan analog swicth off pada 30 April 2022. Sedangkan daerah Babel lainnya masuk pada gelombang selanjutnya yakni pada November 2022 mendatang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.