oleh

Proyek MRT Sudah 97%, diresmikan Maret 2019

-politik-38 Dilihat

Indonesiabangsaku, Jakarta Presiden Joko Widodo menyempatkan waktunya untuk menjajal kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang akan beroperasi pada pertengahan Maret 2019 mendatang.

Dalam uji coba tersebut, Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat lainya seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga jajaran Direksi dari PT MRTJakarta.

Jokowi beserta rombongan berangkat dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada pukul 09.00 WIB menuju Stasiun Lebak Bulus. Setelah sampai di Stasiun Lebak Bulus, Jokowi menyempatkan diri untuk melihat-lihat stasiun sekaligus depo dari Kereta MRT Jakarta.

Setelah puas melihat lihat, barulah pada pukul 10.25 WIB Jokowi beserta rombongan kembali menuju Stasiun Bundaran Hotel Indonesia dengan menggunakan kereta MRT. Sekitar pukul 10.55 WIB, Jokowi tiba di Stasiun Bundaran HI.

Ditemui usai mencoba kereta MRT, Presiden Jokowi menyebutkan jika saat ini progres kereta MRT terus mengalami kemajuan. Saat ini sendiri progres kereta MRT sudah mencapai angka 97% atau kurang 3% lagi untuk bisa beroperasi.

Jokowi berharap jik proyek ini bisa dikebut pengerjaanya tanpa mengurangi aspek keselamatan sedikitpun, sehingga target operasional pada pertengahan Maret 2019 bisa terealisasi dan bisa segera dinikmati oleh masyarakat.

Kereta MRT Jakarta sendiri sejatinya akan beroperasi pada Maret 2019 mendatang merupakan jalur Lebak Bulus – Bunderan Hotel Indonesia (HI). MRT Jakarta tahap satu ini nantinya akan melewati 13 stasiun, antara lain Stasiun Lebak Bulus, Stasiun Fatmawati, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, hingga Stasiun Blok M. Selanjutnya, perjalanan berlanjut hingga Stasiun Sisingamangaraja, Stasiun Senayan, Stasiun Istora, Stasiun Bendungan Hilir, Stasiun Setiabudi, Stasiun Dukuh Atas dan yang terakhir Stasiun Bundaran HI.

“Kita sama-sama mencoba MRT dari Bundaran HI sampai di Lebak Bulus sepanjang 16 kilometer. Proyek ini telah selesai 97% kurang hanya 3% kita harapkan nantinya di Maret 2019 sudah mulai operasional dengan uji coba terus,” ujarnya saat ditemui di Depo Kereta MRT Lebak Bulus, Jakarta.

Menurut Jokowi, cara perawatan dan pengerjaan dari kereta MRT terbilang cukup bagus. Seluruh perawatan di depo kereta Lebak Bulus dilakukan dengan baik dan profesional. Ditambah lagi, kereta ini juga dioperasikan tidak menggunakan masinis melainkan melalui operaotr yang ada di gedung main control dekat depo stasiun lebak bulus.

“Sekarang kita berada di Depo Lebak Bulus di sinilah kereta itu berhenti dan dipelihara maintenance di depo ini main control di gedung sebelah kita ini,” ucapnya.

Menurut Jokowi, karena proses perawatannya yang cukup bagus membuat kereta MRT yang dia tunggangi ini begitu nyaman. Bahkan sepanjang perjalanan dari Stasiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus tidak ada suara bising yang terdengar dari dalam kereta.

“Uji coba terus dan ya saat tadi kita naik dengan kecepatan 60 km/jam. Suaranya dapat dikatakan tidak ada bisingnya. Tidak terdengar dan treatment sangat bagus sekali,” ucapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.