oleh

Segera Dikirim Amankan PT Freeport dari KKB Papua, ini Profil Pasukan Yonif 405/Surya Kusuma

-Berita, Papua-27 Dilihat

Indonesiabangsaku.com – Inilah profil pasukan Yonif 405/Surya Kusuma yang akan segera dikirim untuk mengamankan PT Freeport Indonesia dari gangguan KKB Papua.

Melansir dari kodam4.mil.id, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin didampingi Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito mengunjungi Yonif 405/Surya Kusuma dalam rangka Riksiapops Satgas Operasi Pengamanan Wilayah Objek Vital Nasional PT. Freeport Indonesia TA. 2022, di Makoyon 405/SK, Wangon.

Disambut oleh Letkol Inf Teguh Eko Effendi selaku Danyonif 405/SK beserta seluruh prajurit, pada kesempatan tersebut Danyonif sekaligus Dansatgas memaparkan tentang kesiapan personel dan materiil satuan dalam menghadapi tugas operasi selama sembilan bulan kedepan. Dilanjutkan dengan pemeriksaan serta pengarahan kepada para prajurit Satgas oleh Asops Panglima TNI.

Diawal pengarahannya Asops Panglima TNI mengingatkan bahwa kunci keberhasilan tugas ialah loyalitas.

Karena mengingat Papua merupakan wilayah yang memiliki banyak rintangan bagi satuan pengemban tugas operasi disana.

Mulai dari masalah sosial, medan yang sulit bahkan ancaman KKB Papua.

Maka untuk menggapai kesuksesan operasi, kekompakan harus dijunjung tinggi.

“Kalian harus loyal kepada Danpos dan apabila Danpos memberikan perintah yang salah, maka kalian harus ingatkan.

Karena dengan berhasilnya tugas yang diemban maka satuan ini dinyatakan berprestasi”

Selain loyalitas, faktor pendukung utama yang mempengaruhi keberhasilan penugasan lainnya ialah kesehatan.

Untuk itu, kepada seluruh prajurit ditekankan agar selalu menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kebersihan perorangan maupun pangkalan guna menghindari penyakit Malaria yang disebabkan oleh nyamuk, mengingat Papua merupakan penyumbang Malaria tertinggi di Indonesia.

Kemudian Asops Panglima TNI menggaris bawahi kepada seluruh prajurit agar mengerti dan paham apa tujuan utama maupun tugas pokok satuan Yonif 405/SK didalam melaksanakan tugas Pengamanan Wilayah Objek Vital Nasional PT. Freeport Indonesia.

“Jangan mencari keuntungan sendiri dan harus tetap ingat kepada tugas pokok maupun misi yang diamanahkan negara kepada satuan Yonif 405/SK.

Laksanakan patroli dengan sungguh sungguh dan pastikan masyarakat sekitar tambang maupun pekerja tambang aman”

Setelah serangkaian kegiatan berakhir, kepada seluruh prajurit Satgas Operasi Pengamanan Wilayah Objek Vital Nasional PT. Freeport Indonesia, Asops Panglima TNI mengucapkan terimakasih atas semangat dan latihan latihan yang telah dipersiapkan dengan matang dari awal hingga pelaksanaan Riksiapops tingkat Mabes TNI tersebut.

“Melihat semangatmu, saya nyatakan Batalyon Infanteri 405/SK siap melaksanakan penugasan Pengamanan Wilayah Objek Vital Nasional PT. Freeport Indonesia TA. 2022. Hindari pelanggaran dan selalu jaga nama baik satuanmu dimanapun berada”

Selain Kasdam, acara tersebut juga dihadiri oleh Danrem 071/WK Kolonel Inf Yudha Airlangga, Asops Kasdam Kolonel Inf Horasman Pakpahan para Kabalakdam, perwakilan Asisten, Wadanrindam IV/Diponegoro serta Danbrigif 4/DR Letkol Inf Gunnarto.

Profil Yonif 405/Surya Kusuma

Melansir dari Wikipedia, Batalyon Infanteri 405/Surya Kusuma merupakan batalyon infanteri organik di bawah Kodam IV/Diponegoro.

Yonif 405/SK sekarang berada di bawah komando langsung Brigade Infanteri 4/Dewa Ratna yang berkedudukan di Slawi, Kabupaten Tegal.

Alih komando Yonif 405/Sk beserta Yonif 406/Ck dan Yonif 407/Pk dari Korem 071/Wk setelah Brigif 4/Dewa Ratna diresmikan bersamaan 4 Brigif lainnya oleh KASAD Jenderal TNI Djoko Santoso di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada tanggal 12 April 2007.

Markas Komando (Mako) Batalyon 405/SK berkedudukan di Wangon, Kabupaten Banyumas, dengan Kompi Markas.

  • Kompi Senapan A, dan Kompi Bantuan berada di Wangon, Kabupaten Banyumas
  • Kompi Senapan B berada di luar Mako Yonif berkedudukan di Wangon, Kabupaten Banyumas
  • Kompi Senapan C di Wanareja, Kabupaten Cilacap.

Motto dari satuan ini adalah Setia, Tangguh, Pantang menyerah. dengan sesanti “Sunaring Cokro Madangi Projo”.

Perintah Jenderal Andika Perkasa

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memberikan perintah terkait pengamanan PT Freeport Indonesia yang rawan diserang KKB Papua.

Jenderal Andika Perkasa meminta agar anak buahnya yang bertugas tidak main-main.

Melansir dari tayangan di channel youtube Jenderal TNI Andika Perkasa, Jenderal Andika Perkasa mengevaluasi penempatan pos dalam rangka tugas pengamanan objek vital di Papua, salah satunya kawasan PT Freeport Indonesia.

“Saya ingin tahu dan mulai menginventarisir apa yang bisa saya bicarakan dengan PT Freeport misalnya,” kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dalam arahannya, Panglima TNI menegaskan pelaksanaan tugas prajurit di lapangan terutama di kawasan objek vital nasional harus lebih bagus dari hari-hari sebelumnya.

Tidak hanya itu, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) itu juga membahas atau mengevaluasi beberapa insiden yang kerap terjadi wilayah PT Freeport Indonesia.

Panglima menanyakan langsung lokasi yang sering atau kerap terjadi penembakan di mana saja.

Berdasarkan informasi dari bawahannya mengatakan kontak senjata kerap terjadi dan berulang di Pos 60 hingga Pos 64.

Dalam arahannya, mantan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu menegaskan setiap prajurit harus patuh pada tugas pokok berdasarkan peraturan perundang-undangan.

“Saya ingin semua jaga diri, jaga anak buah dan jangan main-main,” tegas lulusan Akademi Militer 1987 tersebut.

Terakhir, Panglima TNI menegaskan akan memproses secara hukum setiap prajurit TNI yang terlibat atau terbukti melakukan pelanggaran hukum.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.