oleh

Telkom Siapkan Infrastruktur Kelas Dunia untuk PON XX Papua

PT Telkom Indonesia Tbk turut melakukan persiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dalam penyelenggaraan PON XX Papua 2021. Persiapan dilakukan demi memastikan kelancaran komunikasi dan konektivitas internet selama acara berlangsung.

Kesiapan Telkom melayani komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON XX Papua 2021 telah dipastikan dalam rehearsal test yang telah digelar pada Kamis (2/9) kemarin.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Harian PB-PON Yunus Wonda dan Sekretaris Umum PB-PON Elia Loupatty bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara, dan perwakilan sejumlah anak perusahaan yang turut terlibat, yakni Telkomsel, TelkomAkses, Telkomsat, dan PINS.

Persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 sejatinya telah dilakukan Telkom sejak beberapa bulan lalu. Beragam bentuk persiapan yang dilakukan di antaranya uji jaringan (rehearsal test) dan pengecekan infrastruktur yang akan digunakan sebagai tulang punggung komunikasi selama PON XX Papua berlangsung.

Adapun uji jaringan tersebut dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan baik Telkom maupun Telkomsel, termasuk Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang berupa kabel bawah laut, satelit, radio IP, dan cyber security attack (DDoS protection).

Uji jaringan telekomunikasi untuk PON XX Papua telah dilakukan Telkom pada 3 bulan terakhir. Sejak Juni 2021, rehearsal test dilakukan Telkom untuk memastikan kelancaran dan keamanan konektivitas jaringan telekomunikasi PON XX Papua.

Dalam 3 bulan tersebut, uji jaringan dilakukan melalui 61 kegiatan yang terdiri dari beragam skenario gangguan berbeda-beda. Berbagai skenario gangguan disiapkan untuk melatih petugas dan sistem agar mampu mengatasi masalah-masalah yang muncul selama PON XX Papua berlangsung.

“Rehearsal test redundancy network ini kami gelar untuk memastikan ketahanan, kesiapan, dan keamanan jaringan serta sistem telekomunikasi yang digunakan selama perhelatan PON XX Papua 2021,” kata Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan, setelah melalui tes yang berlapis pada tiga bulan terakhir, Telkom dapat memastikan jaringan telekomunikasi PON XX Papua telah siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh kontingen serta masyarakat.

Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,99 persen untuk mendukung kelancaran konektivitas selama  berlangsungnya PON XX Papua 2021 pada 2-15 Oktober 2021.

Ketua Harian PB-PON Yunus Wonda menyampaikan apresiasi atas dukungan infastruktur Telkom pada penyelenggaraan PON XX Papua 2021. Selain infrastruktur yang disiapkan berstandar internasional, seluruh venue pun disiapkan dengan standar internasional.

Hal ini membuktikan bahwa di ufuk timur Indonesia pun, Papua bisa menggelar event besar. Di dalam kekurangan dan keterbatasan di Papua, ketika negara memberikan kepercayaan untuk event PON, seluruh masyarakat Papua siap mendukung menyukseskan PON XX Papua.

“Terima kasih kepada Telkom yang telah menyiapkan infrastruktur luar bisa untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua 2021,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *